PERAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR SEBAGAI MODERASI DAN MEDIASI PADA PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI KANTOR WILAYAH BADAN PERTANAHAN NASIONAL PROVINSI ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

PERAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR SEBAGAI MODERASI DAN MEDIASI PADA PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI KANTOR WILAYAH BADAN PERTANAHAN NASIONAL PROVINSI ACEH


Pengarang

Zunia Novita.Z - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Mukhlis - 196012311987031032 - Dosen Pembimbing I
Syafruddin - 196310291988111001 - Dosen Pembimbing II
Muhammad Adam - 196206171988111001 - Penguji
Mahdani - 195907251990021001 - Penguji
T. Meldi Kesuma - 197505152006041001 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

2001202010058

Fakultas & Prodi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Manajemen (S2) / PDDIKTI : 61101

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Manajemen., 2022

Bahasa

Indonesia

No Classification

658.312 5

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis peran OCB sebagai moderasi dan atau mediasi antara pengaruh kepuasan kerja dan komitmen organisasi terhadap kinerja pegawai. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sensus dengan jumlah responden sebanyak 110 pegawai, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu Structural Equation Model. Hasil penelitian menemukan bahwa kepuasan kerja dan komitmen organisasi berpengaruh signifikan terhadap OCB; OCB berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai; kepuasan kerja dan komitmen organisasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai baik secara langsung maupun secara tidak langsung melalui OCB; OCB tidak memoderasi pengaruh kepuasan kerja dan komitmen organisasi terhadap kinerja pegawai, namun OCB memediasi pengaruh kepuasan kerja dan komitmen organisasi terhadap kinerja pegawai. Dengan demikian, variabel OCB pada penelitian ini tidak berperan sebagai variabel moderasi akan tetapi berperan sebagai variabel mediasi antara pengaruh kepuasan kerja dan komitmen organisasi terhadap kinerja pegawai.


Kata Kunci: Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasi, OCB, Kinerja Pegawai.

This research aimed to analyze the role of OCB as a moderator and/or mediation between the effect of job satisfaction and organizational commitment on employee performance. The sampling technique used was census with the size of respondents as many 110 employees, while the data analysis technique used was Structural Equation Model. The results showed that job satisfaction and organizational commitment have an significant effect on OCB; OCB has a significant effect on employee performance; job satisfaction and organizational commitment have an significant effect on employee performance, either directly or indirectly through OCB; OCB does not moderate the effect of job satisfaction and organizational commitment on employee performance, but OCB mediates the effect of job satisfaction and organizational commitment on employee performance. Thus, the OCB variable in this research does not act as a moderating variable but acts as a mediating variable between the effect of job satisfaction and organizational commitment on employee performance. Keywords: Job Satisfaction, Organizational Commitment, Organizational Citizenship Behavior, and Employee Performance.

Citation



    SERVICES DESK