HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN MOTIVASI BELAJAR DARING PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN MOTIVASI BELAJAR DARING PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA


Pengarang

FARAH MUNIRAH - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Suryane Sulistiana Susanti - 198112012006042002 - Dosen Pembimbing I
Fithria - 197804152003122001 - Dosen Pembimbing II
Hajjul Kamil - 196803071990021001 - Penguji
Neti Hartaty - 198504102018032001 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1812101010077

Fakultas & Prodi

Fakultas Keperawatan / Ilmu Keperawatan (S1) / PDDIKTI : 14201

Subject
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keperawatan., 2022

Bahasa

Indonesia

No Classification

610

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Bahaya penyebaran Covid-19 mengharuskan mahasiswa mengikuti kegiatan belajar mengajar secara online yang membutuhkan pendampingan keluarga. Peran keluarga pada masa pandemi ini sangat di perlukan untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa dan memperlancar proses pembelajaran daring. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan motivasi belajar daring pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala. Jenis penelitian ini kuantitatif, deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 701 Mahasiswa Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik non-probability sampling menggunakan metode purposive sampling dimana sebanyak 118 Mahasiswa angkatan 2021 berpartisipasi dalam penelitian. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner baku Perceived Sosial Support From Family (PSS-Fa) dan kuesioner the Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ). Analisis data menggunakan uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara dukungan keluarga dengan motivasi belajar daring mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala (P-value = 0,01). Rekomendasi pada penelitian ini adalah mahasiswa hendaknya dapat memanfaatkan sumber-sumber dukungan yang ada dari keluarga seperti dukungan informasional, penilaian atau penghargaan, instrumental dan emosional sehingga dapat meningkatkan motivasi belajarnya

The spread of COVID-19 has forced students to learn in online classes. Online learning requires family support as it helps improve students' motivation and ensure learning effectiveness. This study examined the correlation between family support and the level of motivation in online learning among nursing students of Universitas Syiah Kuala. This research was a correlational study with a qualitative approach and cross-sectional design. The population of this study was 701 nursing students at the Faculty of Nursing of Universitas Syiah Kuala. The sample was selected using non-probability sampling with a purposive sampling method to select 118 nursing students of batch 2021. Two standardized questionnaires, Perceived Social Support from Family (PSS-Fa) and the Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ), were used as the research instruments in the data collection. The data were analyzed using Chi-Square. The results showed a correlation between family support and the level of learning motivation in online classes among nursing students of Universitas Syiah Kula (P-value = 0.01). Based on the findings of this research, it is recommended that students utilize other sources of support from family, including informational support, appraisal support, instrumental support, and emotional support, so that they can have a higher level of learning motivation.

Citation



    SERVICES DESK