Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
FAKTOR-FAKTOR PENENTU MINAT NASABAH MENGGUNAKAN FASILITAS GADAI EMAS DI BANK ACEH SYARIAH CABANG BANDA ACEH
Pengarang
CUT DELIA IKRAMINA - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Ridwan Nurdin - 197006092005011003 - Dosen Pembimbing I
Nomor Pokok Mahasiswa
1701104010060
Fakultas & Prodi
Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Ekonomi Islam (S1) / PDDIKTI : 60202
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Ekonomi dan Bisnis., 2022
Bahasa
Indonesia
No Classification
658.834
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Gadai emas (Rahn) merupakan produk pembiayaan yang jaminannya berupa emas, dengan berlandaskan prinsip syariah, dimana nasabah tidak dikenakan bunga atas pinjaman yang diperoleh. Dalam transaksi rahn emas, uang atau dana yang dipinjamkan berbentuk pertolongan yang tidak mengharapkan tambahan atas hutang tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh nilai taksiran, biaya titip, promosi, dan fluktuasi harga emas terhadap minat dalam mengambil pembiayaan gadai emas (rahn) di Bank Aceh Syariah Cabang Banda Aceh. Data yang digunakan merupakan data primer yang diperoleh melalui kuesioner. Populasi penelitian ini adalah nasabah pembiayaan gadai emas (rahn) di Bank Aceh Syariah Cabang Banda Aceh. Penelitian ini melibatkan 90 responden yang ditentukan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Data penelitian ini dianalisis menggunakan metode regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai taksiran, biaya titip, promosi dan fluktuasi harga emas berpengaruh secara simultan terhadap minat nasabah menggunakan fasilitas gadai emas (rahn) di Bank Aceh Syariah Cabang Banda Aceh, sedangkan secara parsial hanya variabel promosi dan fluktuasi harga emas yang berpengaruh terhadap minat menggunakan fasilitas gadai emas, sedangkan variabel nilai taksiran dan biaya titip tidak berpengaruh terhadap minat nasabah menggunakan fasilitas gadai emas (rahn) di Bank Aceh Syariah Cabang Banda Aceh.
Kata Kunci: Gadai Emas (Rahn), Minat Nasabah, Nilai Taksiran, Biaya Titip, Promosi, Fluktuasi Harga Emas
Tidak Tersedia Deskripsi
DETERMINAN MINAT NASABAH MENGAMBIL PEMBIAYAAN GADAI EMAS DI PEGADAIAN SYARIAH (SYARIFATUNNISA, 2021)
SISTEM PEMBIAYAAN PRODUK QARDH BERAGUN EMAS RNPADA PT. BANK SYARIAH MANDIRI KCP LAMBARO (Raudhatunnur, 2015)
PERSEPSI, PREFERENSI DAN PERILAKU MASYARAKAT BANDA ACEH TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN PRODUK GADAI EMAS DI PT PEGADAIAN SYARIAH (MUBARAK MAULANA, 2024)
MEKANISME PEMASARAN PRODUK LAYANAN CICIL EMAS PADA PT. BANK SYARIAH INDONESIA KCP BANDA ACEH LAMPRIET (Syarifah Safhira, 2023)
PENGAKUAN PENDAPATAN PRODUK RAHN PADA PT. BANK ACEH CABANG SYARIAH BANDA ACEH (Taksindra Lesmana Putra, 2015)