PENGARUH PROMOSI, PENGETAHUAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT MASYARAKAT MENGAMBIL PEMBIAYAAN MURABAHAH DI PT. LKMS MAHIRAH MUAMALAH KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGARUH PROMOSI, PENGETAHUAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT MASYARAKAT MENGAMBIL PEMBIAYAAN MURABAHAH DI PT. LKMS MAHIRAH MUAMALAH KOTA BANDA ACEH


Pengarang

MUHAMMAD MUNA RIZKY - Personal Name;

Dosen Pembimbing

T. Meldi Kesuma - 197505152006041001 - Dosen Pembimbing I



Nomor Pokok Mahasiswa

1701104010044

Fakultas & Prodi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Ekonomi Islam (S1) / PDDIKTI : 60202

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Ekonomi dan Bisnis., 2022

Bahasa

Indonesia

No Classification

658.834 2

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Murabahah adalah salah satu akad pembiayaan antara penjual dan pembeli dimana penjual menyebutkan harga jual yang terdiri dari harga pokok dan margin keuntungan atas barang yang diperjualbelikan dan disetujui oleh pembeli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi, pengetahuan, dan kepercayaan terhadap minat masyarakat yang mengambil pembiayaan murabahah di PT LKMS Mahirah Muamalah Kota Banda Aceh. Pada penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field research) dengan menggunakan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 responden yang dijaring menggunakan rumus slovin dan dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data yang digunakan merupakan data primer yang diperoleh oleh kuesioner. Populasi penelitian ini adalah masyarakat Kota Banda Aceh yang telah memiliki pekerjaan. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik non-propability sampling. Data penelitian ini dianalisis menggunakan teknik metode regresi linier berganda. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa promosi, pengetahuan, dan kepercayaan berpengaruh positif terhadap minat masyarakat mengambil pembiayaan murabahah di PT. LKMS Mahirah Muamalah Kota Banda Aceh.
Kata Kunci: Murabahah, Minat Masyarakat, Promosi, Pengetahuan, Kepercayaan.

Murabahah is a financing contract between the seller and the buyer where the seller mentions the selling price which consists of the cost of goods sold and the profit margin on the goods being traded and approved by the buyer. This study aims to determine the effect of promotion, knowledge, and trust on people's interest in taking murabahah financing at PT LKMS Mahirah Muamalah, Banda Aceh City. In this research, a field research ( field research) using quantitative. The population in this study were 100 respondents who were recruited using the Slovin formula and selected using a purposive sampling technique. The data used are primary data obtained by the questionnaire. The population of this research is the people of Banda Aceh City who already have a job. Sampling technique using non-propability sampling technique . The data of this research were analyzed using multiple linear regression method. The results of this study indicate that promotion, knowledge, and trust have a positive effect on public interest in taking murabahah financing at PT. LKMS Mahirah Muamalah Banda Aceh City. Keywords: Murabahah, Public Interest, Promotion, Knowledge, Trust.

Citation



    SERVICES DESK