Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN CELEBRITY ENDORSEMENT DALAM MENINGKATKAN PURCHASE INTENTION YANG DIMEDIASI OLEH CUSTOMER TRUST PADA ONLINE SHOP SHOPEE DI KOTA BANDA ACEH
Pengarang
DINAH MAHIRAH - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Syarifah Evi Zuhra - 197506282002122001 - Dosen Pembimbing I
Nomor Pokok Mahasiswa
1801102010085
Fakultas & Prodi
Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Manajemen (S1) / PDDIKTI : 61201
Subject
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Ekonomi dan Bisnis., 2022
Bahasa
Indonesia
No Classification
658.8
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganlisis pengaruh social media marketing, celebrity endorsement, dan customer trust terhadap meningkatnya purchase intention pada online shop Shopee. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi sasaran penelitian ini adalah berdomisili di Kota Banda Aceh dan merupakan konsumen dari Shoppe serta berbelanja produk dari Shopee minimal dua kali. Sampel yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 150. Teknik anaalisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah The Structural Equation Modeling (SEM) dari paket software statistic AMOS untuk pengujian hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Social media marketing mempunyai peran yang dapat memberikan pengaruh secara positif dan signifikan terhadap niat beli pada online shop shopee. Dengan adanya celebrity endorsement tentunya juga memberi pengaruh secara positif dan signifikan terhadap niat beli pada online shop shopee dan juga celebrity endorsement berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap customer trust pada online shop shopee. kepercayaan komsumen atau customer trust mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap meningkatnya purchase intention pada online shop Shopee. Social media marketing dan customer trust mempunyai pengaruh yang begitu besar terhadap meningkatnya purchase intention pada online shop Shopee serta social media marketing mempunyai pengaruh penting terhadap meningkatnya purchase intention yang dimediasi oleh customer trust pada online shop Shopee selain itu pihak celebrity endorsement juga mempunyai pengaruh terhadap meningkatnya purchase intention yang dimediasi oleh customer trust pada online shop Shopee.
Kata Kunci: Shopee, Media Marketing, Celebrity Endorsment, Customer Trust, Purchase Intention.
The purpose of this study was to analyze the effect of social media marketing, celebrity endorsements, and customer trust on purchase intentions at Shopee's online store. The type of research used is quantitative research. The target population of this study is domiciled in Banda Aceh City and is a consumer of Shoppe and has shopped for products from Shopee at least twice. The sample taken in this study amounted to 150. The data analysis technique used in this study was The Structural Equation Modeling (SEM) from the AMOS statistical software package for hypothesis testing. The results show that social media marketing has a role that can have a positive and significant influence on purchase intentions at shopee online stores. With celebrity support, of course, it also has a positive and significant influence on purchase intentions at shopee online stores and celebrity support has a positive and significant effect on customer trust in shopee online stores. consumers or customer trust has a positive and significant influence on purchase intentions at Shopee online stores. Social media marketing and customer trust have a very large influence on purchase intentions at Shopee online stores and have an important influence on purchase intentions mediated by customer trust in Shopee online stores in addition to endorsement parties also have an influence on celebrity purchases. on the Shopee online store. Keywords: Shopee, Media Marketing, Celebrity Endorsment, Customer Trust, Purchase Intention.
EFEK MEDIASI MODERASI CUSTOMER TRUST PADA PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT TERHADAP ONLINE PURCHASE INTENTION PADA MARKETPLACE LAZADA INDONESIA (Nurul Husna, 2022)
THE EFFECT OF HALAL LABEL, CELEBRITY ENDORSEMENT, AND ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) TOWARDS REPURCHASE INTENTION MEDIATED BY ELECTRONIC TRUST (E-TRUST) OF WARDAH CUSTOMERS IN BANDA ACEH (Alya Dara Kirana, 2022)
PENGARUH SOCIAL NETWORK MARKETING TERHADAP CUSTOMER PURCHASE INTENTION YANG DIMEDIASI OLEH CUSTOMER ENGAGEMENT PADA BRAND DIAN PELANGI DI BANDA ACEH (HAJRINA ULFAH, 2018)
PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN PRODUCT KNOWLEDGE YANG DIMEDIASI OLEH FEAR OF MISSING OUT (FOMO) TERHADAP PURCHASE INTENTION PADA KOSMETIK BRAND LOKAL DI KOTA BANDA ACEH (SHIVA FIRAMANDA, 2024)
PENGARUH PRODUCT INNOVATION DAN SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP PURCHASE INTENTION DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA HI BATIK DI BANDA ACEH (Eka Dwi Rahmawati Hutabarat, 2024)