KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONALRNMAHASISWA BK FKIP USK YANG MENGIKUTI PLP 2 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONALRNMAHASISWA BK FKIP USK YANG MENGIKUTI PLP 2


Pengarang

M. Tawsy Nurfajri - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Nurhasanah - 195911181986032002 - Dosen Pembimbing I
Martunis - 196212311987021052 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

1606104030028

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Bimbingan dan Konseling (S1) / PDDIKTI : 86201

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP Bimbingan dan Konseling., 2022

Bahasa

Indonesia

No Classification

372.6

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Nurfajri, M. Tawsy. 2021. Kemampuan Komunikasi Interpersonal Mahasiswa
BK FKIP USK yang mengikuti PLP 2. Skripsi, Jurusan Bimbingan
dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Syah Kuala. Pembimbing:
1) Dra. Nurhasanah, M.Pd 2) Drs. Martunis, M.Si
Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Mahasiswa mengikuti PLP 2
Kemampuan komunikasi interpersonal merupakan hal yang sangat
dibutuhkan dalam layanan konseling, termasuk dalam pelaksanaan program
pengenalan lapangan persekolahan (PLP2). Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui gambaran kemampuan komunikasi interpersonal mahasiswa BK
FKIP USK yang telah mengikuti program pengenalan lapangan persekolahan
(PLP2). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode
deskriptif. Populasi penelitian adalah 40 mahasiswa dengan pengambilan sampel
jenuh yaitu seluruh populasi menjadi sampel. Teknik pengumpulan data
menggunakan angket bentuk skala likert, data dianalisis menggunakan teknik
deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa gambaran kemampuan
komunikasi interpersonal mahasiswa BK FKIP USK yang telah mengikuti
program PLP 2 berada pada kategori tinggi dengan persentase 47,5% (19
mahasiswa), kategori sangat tinggi 45% (18 mahasiswa), kategori sedang 5% (2
mahasiswa), dan kategori sangat rendah 2,5% (1 mahasiswa). Gambaran
kemampuan komunikasi interpersonal pada aspek keterbukaan dan empati
berada pada kategori tinggi dengan persentase nilai rata-rata diatas 36,35%,
kemudian pada aspek sikap saling mendukung, aspek sikap perasaan positif, dan
unsur kesetaraan berada pada kategori sangat tinggi dengan persentase nilai ratarata
di atas 40,33%, dari jumlah sampel sebanyak 40 orang mahasiswa. Dari itu
dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi interpersona

Nurfajri, M. Tawsy. 2021. Student Interpersonal Communication Ability BK FKIP USK who took part in PLP 2. Thesis, Guidance Department and Counseling, Faculty of Teacher Training and Education, University Shah Kuala. Supervisor: 1) Dr. Nurhasanah, M.Pd 2) Drs. Martunis, M.Si Keywords: Interpersonal Communication, Students taking PLP 2 Interpersonal communication skills are very important needed in counseling services, including in program implementation introduction to the school field (PLP2). This research aims to know the description of the interpersonal communication skills of BK students USK FKIP who have participated in the school field introduction program (PLP2). This study uses a quantitative approach with the descriptive. The research population is 40 students with sampling saturated, that is, the entire population is the sample. Data collection technique using a Likert scale questionnaire, the data were analyzed using the descriptive percentage. The results showed that the description of the ability of interpersonal communication for BK FKIP USK students who have followed PLP 2 program is in the high category with a percentage of 47.5% (19 students), very high category 45% (18 students), moderate category 5% (2 students), and very low category 2.5% (1 student). Description interpersonal communication skills on aspects of openness and empathy are in the high category with an average value percentage above 36.35%, then on the aspects of mutual support, aspects of positive feelings, and the element of equality is in the very high category with a percentage of the average value above 40.33%, from a total sample of 40 students. Of the it can be concluded that interpersonal communication skills

Citation



    SERVICES DESK