PERANAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM PELAKSANAAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMA NEGERI KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PERANAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM PELAKSANAAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMA NEGERI KOTA BANDA ACEH


Pengarang

Nanda Miranda - Personal Name;

Dosen Pembimbing

M. Husen - 195703271986031004 - Dosen Pembimbing I
Jamilah Aini Nasution - 199107032019032024 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

1606104030012

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Bimbingan dan Konseling (S1) / PDDIKTI : 86201

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP Bimbingan dan Konseling., 2022

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.201 2

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Nanda Miranda, 2021, Peranan Kepala Sekolah Sebagai Supervisor dalam
Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di SMA Negeri Kota Banda Aceh,
Skripsi. Jurusan Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing.
(1) Drs. M. Husen, M.Pd (2) Jamilah Aini Nasution, S.Pd., M.Pd
Supervisi ialah suatu aktivitas pembinaan yang direncanakan untuk membantu guru
dalam meningkatkan kinerja agar lebih produktif. Supervisi memiliki peranan
penting khususnya di dalam pelaksanaan Bimbingan dan Konseling. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui peranan kepala sekolah sebagai supervisor dalam
pelaksanaan bimbingan dan konseling di SMA Negeri Kota Banda Aceh. Pendekatan
yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Data
mengenai peranan dikumpulkan melalui kegiatan observasi dan wawancara. Subjek
dalam penelitian ini merupakan kepala sekolah yang terdiri dari 8 orang. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa supervisi akademik dijalankan oleh supervisor
dengan cara memberikan refleksi hasil dan apresiasi terhadap kinerja guru BK.
Sedangkan penyelenggaran supervisi manajerial yaitu dengan cara mendampingi
guru BK pada saat membuat perencanaan program layanan BK, memberikan
koordinasi/dukungan kepada guru BK dalam merancang layanan BK, menentukan
SDM yang dapat membantu mengsukseskan penyelenggaraan layanan BK, membuat
ADM dan menindak lanjuti guru BK dalam penyelenggaraan layanan BK. Peranan
kepala sekolah sebagai supervisor dalam pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di
SMA Negeri Kota Banda Aceh sudah berjalan, namun berdasarkan data hasil
wawancara, kepala sekolah sebagai supervisor cenderung memberikan arahan saja
tidak membimbing guru BK secara penuh/langsung pada saat penyusunan rencana
pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling (RPLBK), walaupun seluruh SMA
yang menjadi lokasi penelitian telah menyelenggarakan layanan BK di sekolah akan
tetapi peran kepala sekolah terhadap pelaksanaan layanan BK belum efektif.
Kata Kunci : Peranan Kepala Sekolah, Supervisor, Pelaksanaan Bimbingan
dan Konseling

Nanda Miranda, 2021, The Principal's Role as Supervisor in Implementation of Guidance and Counseling at SMA Negeri Banda Aceh City, Essay. Department of Counseling Guidance, Faculty of Teacher Training and Science Education, Syiah Kuala University. Advisor. (1) Drs. M. Husen, M.Pd (2) Jamilah Aini Nasution, S.Pd., M.Pd Supervision is a coaching activity that is planned to help teachers in improving performance to be more productive. Supervision has a role especially important in the implementation of Guidance and Counseling. this research aims to determine the role of the principal as a supervisor in implementation of guidance and counseling in Banda Aceh City Senior High School. near used in this study is a qualitative descriptive approach. Data about the importance of being collected through observation and interviews. Subject in this study was the principal consisting of 8 people. Results research shows that academic supervision is carried out by supervisors by providing a reflection of the results and appreciation of the performance of BK teachers. Meanwhile, the implementation of managerial supervision is by assisting BK teachers at the time of making the BK service planning program, provide coordination/support to BK teachers in designing BK services, determining Human resources who can help make the implementation of BK services successful, make ADM and follow up BK teachers in the implementation of BK services. role the principal as a supervisor in the implementation of Guidance and Counseling in Banda Aceh City Senior High School is already running, but based on the result data interview, the principal as a supervisor tends to only give directions does not guide the BK teacher fully/directly during the preparation of the plan implementation of guidance and counseling services (RPLBK), throughout SMA which is the location of the research has held BK services in schools will but the principal's role in the implementation of BK services has not been effective. Keywords: The Role of the Principal, Supervisor, Implementation of Guidance and Counseling

Citation



    SERVICES DESK