ANALISIS KESIAPAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN EKOLOGI SECARA DARING | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

ANALISIS KESIAPAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN EKOLOGI SECARA DARING


Pengarang

IRMA SURYANI - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Hasanuddin - 196407171990031004 - Dosen Pembimbing I
Ismul Huda - 196810281994031004 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

1706203010025

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Biologi (S2) / PDDIKTI : 84105

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Biologi Universitas Syiah Kuala., 2022

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Selama ini pembelajaran biologi dilaksanakan di dalam kelas dengan mendengarkan dan mencatat penjelasan dari guru. Pembelajaran ini cenderung bersifat tekstual dan menekankan pada penyelesaian materi pelajaran. Materi pembelajaran yang relatif lebih banyak topik pembahasannya sedangkan waktunya tersedia lebih sedikit. Salah satu materi pelajaran yang banyak teori dan sulit dipahami oleh peserta didik yaitu ekologi. Kondisi ini seharusnya tidak terjadi di abad 21. Di abad ini, proses pembelajaran tidak harus berada di dalam kelas tetapi dapat dilaksanakan melalui sistem pembelajaran digital. Pembelajaran tersebut dapat berlangsung dengan pembelajaran daring. Tujuan penelitian adalah mengetahui kesiapan peserta didik dalam akses dan keterampilan teknologi pada pembelajaran ekologi secara daring, kesiapan peserta didik dalam kemampuan belajar daring pada pembelajaran ekologi secara daring, mengetahui kesiapan peserta didik dalam keterampilan manajeman waktu pada pembelajaran ekologi secara daring dan kesiapan peserta didik dalam motivasi belajar pada pembelajaran ekologi secara daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif sedangkan jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei. Sampel dalam penelitian ini adalah semua responden dalam populasi tersebut yang berjumlah 340 orang peserta didik. Instrumen dalam penelitian ini adalah non tes merupa angket. Teknik analisis data yaitu deskripsi subjek penelitian dan statistik deskriptif kesiapan. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa peserta didik sudah siap tetapi perlu beberapa bimbingan dalam akses teknologi (nilai rerata berjumlah 3,52) dan keterampilan teknologi (nilai rerata berjumlah 3,51) pada pembelajaran ekologi secara daring, peserta didik sudah siap tetapi perlu beberapa bimbingan dalam akses kemampuan belajar (nilai rerata berjumlah 3,65) pada pembelajaran ekologi secara daring, peserta didik sudah siap tetapi perlu beberapa bimbingan dalam keterampilan manajeman waktu (nilai rerata berjumlah 3,51) pada pembelajaran ekologi secara daring dan peserta didik sudah siap tetapi perlu beberapa bimbingan dalam motivasi belajar (nilai rerata berjumlah 3,51) pada pembelajaran ekologi secara daring.


Kata Kunci: Kesiapan Peserta didik, Pembelajaran Secara Daring

So far, biology learning is carried out in the classroom by listening and taking notes on the teacher's explanation. This learning tends to be textual and emphasizes the completeness of the subject matter. Learning materials that have relatively more discussion topics while the available time is less. One of the subjects that has a lot of theory and is difficult for students to understand is ecology. This condition should not happen in the 21st century. In this century, the learning process does not have to be in the classroom but can be implemented through a digital learning system. This learning can take place with e-learning. The purpose of the study was to determine the readiness of students in access and technology skills in ecological learning by e-learning, student readiness in learning ability in ecological learning by e-learning, student readiness in time management skills in ecological learning by e-learning and student readiness in learning motivation in ecological learning by e-learning. This research uses a quantitative approach while the type of this research is descriptive research. The method used in this research is a survey. The sample in this study were all respondents in the population, which amounted to 340 students. The instrument in this study was a non-test in the form of a questionnaire. The data analysis technique is a description of the research subject and descriptive statistics of readiness. Based on the results of the study, it can be concluded that students are ready but need some guidance in accessing technology (mean value of 3,52) and technological skills (mean value of 3,51) in ecology learning by e-learning, students ready but need some guidance in learning ability (mean value is 3,65) in ecology learning by e-learning, students are ready but need some guidance in time management skills (mean value is 3,51) in ecology learning by e-learning and students are ready but need some guidance in learning motivation (mean value is 3,51) in ecology learning by e-learning. Keywords: Readiness of Students, Learning By E-Learning

Citation



    SERVICES DESK