Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
KONSEP PEMBELAJARAN SENI BUDAYA PADA DAYAH TERPADU SMA INSHAFUDDIN KOTA BANDA ACEH
Pengarang
SYIFA SALSABILA - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Ramdiana - 197609162006042001 - Dosen Pembimbing I
Nurlaili - 197506102006042001 - Dosen Pembimbing II
Lindawati - 198108202009122004 - Penguji
Tengku Hartati - 197108122006042001 - Penguji
Nomor Pokok Mahasiswa
1706102030032
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik (S1) / PDDIKTI : 88209
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2022
Bahasa
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Kata Kunci: Konsep, Pembelajaran, Seni Budaya.
Penelitian ini berjudul “Konsep Pembelajaran Seni Budaya pada Dayah Terpadu SMA Inshafuddin Banda Aceh”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah konsep pembelajaran seni budaya di Dayah Terpadu SMA Inshafuddin Banda Aceh?. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui konsep pembelajaran seni budaya di Dayah Terpadu SMA Inshafuddin Kota Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran seni budaya, dan peserta didik Dayah Terpadu SMA Inshafuddin Kota Banda Aceh, adapun yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah konsep pembelajaran seni budaya pada Dayah Terpadu SMA Inshafuddin Banda Aceh. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu obeservasi non partisipan, angket, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kosep pembelajaran seni budaya yang ada di Dayah Terpadu SMA Inshafuddin Banda Aceh sama seperti sekolah umum reguler lainnya, akan tetapi ada beberapa materi praktek yang dibatasi dikarenakan ada beberapa hal yang menurut aturan Dayah tidak sesuai dengan syariat Islam seperti pada materi praktek tari pada gabungan kelas peserta didik laki-laki dan perempuan maka pada materi prakteknya peserta didik perempuan harus dipindahkan ke kelas yang kosong atau yang isinya perempuan saja. Sedangkan peserta didik laki-laki diberi tugas lain. Begitu juga dengan musik mereka hanya bisa memainkan musik tradisional seperti rapai atau rebana. Pada materi rupa tidak diperkenankan untuk menggambar bentuk tubuh atau hal lain yang dilarang dalam syariat islam. Dan pada materi drama mereka hanya bisa memainkan peran seperti kisah-kisah nabi. Dalam pelaksanaan pembelajaran, guru juga menerapkan pembelajaran sesuai dengan rancangan pembelajaran atau RPP (Rancangan Pelaksanaan Pembelaran). Data respon peserta didik juga menunjukan bahwa 95% dari jumlah peserta didik memberikan respon positif terhadap pelajaran seni budaya, namun hasil evaluasi peserta didik tidak mencapai 100% ketuntasan.
ABSTRACT Keywords: Concept, Learning, Cultural Arts. This research is entitled "The Concept of Cultural Arts Learning at Integrated Dayah SMA Inshafuddin Banda Aceh". The formulation of the problem in this research is how is the concept of learning art and culture in Dayah Terpadu SMA Inshafuddin Banda Aceh?. The purpose of this study was to determine the concept of learning art and culture in Dayah Terpadu SMA Inshafuddin Banda Aceh City. The approach used in this research is a qualitative approach, while the type of research is descriptive research. The subjects in this study were school principals, teachers of cultural arts subjects, and Dayah Terpadu students at SMA Inshafuddin Banda Aceh City, while the object of this study was the concept of learning art and culture at the Integrated Dayah SMA Inshafuddin Banda Aceh. Data collection techniques used in this study were non-participant observation, questionnaires, and interviews. The results showed that the concept of learning art and culture in Dayah Terpadu SMA Inshafuddin Banda Aceh was the same as other regular public schools, but there were some practice materials that were limited because there were some things that according to Dayah rules were not in accordance with Islamic law, such as dance practice material. In a combined class of male and female students, in practice, female students must be transferred to an empty class or one containing only women. Meanwhile, male students were given other tasks. Likewise with music they can only play traditional music such as rapai or tambourine. In visual material, it is not allowed to draw body shapes or other things that are prohibited in Islamic law. And in the drama material they can only play a role like the stories of the prophets. In the implementation of learning, the teacher also applies learning in accordance with the learning plan or RPP (Learning Implementation Plan). Student response data also showed that 95% of the total number of students gave a positive response to cultural arts lessons, but the results of the evaluation of students did not reach 100% completeness.
MANAJEMEN PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DI DAYAH TERPADU SMA INSHAFUDDIN BANDA ACEH (Cut Putro, 2016)
GURU BIDANG STUDI NON SENI DALAM PROSES PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DI SMA NEGERI SE KOTA BANDA ACEH (Desy Diana, 2021)
PENERAPAN MODEL BUSANA SYAR’I UNTUK SANTRIWATI SMP DAYAH TERPADU INSHAFUDDIN (Irminur, 2019)
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DI SMA NEGERI 1 PEUREULAK, KABUPATEN ACEH TIMUR (Masriana, 2016)
KETERLIBATAN DAYAH DALAM PERPOLITIKAN PRAKTIS DI ACEH PADA PILEG 2019 (STUDI KASUS DAYAH BUSTANUL HUDA DAN DAYAH TERPADU INSHAFUDDIN (ALFARISI BILLAHSYAH, 2022)