KEMAMPUAN PEMODELAN MATEMATIKA SISWA SMP DALAM MATERI STATISTIKA DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

KEMAMPUAN PEMODELAN MATEMATIKA SISWA SMP DALAM MATERI STATISTIKA DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME)


Pengarang

T MUHAMMAD MIRSHADIL ULYA - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Erni Maidiyah - 196405071989032001 - Dosen Pembimbing I



Nomor Pokok Mahasiswa

1706103020026

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP., 2022

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kemampuan pemodelan matematika dalam kurikulum 2013 merupakan suatu aspek yang wajib dicapai siswa dalam proses mempelajari matematika. Namun pada kenyataannya sebagian besar siswa masih kesulitan dalam menyelesaikan permasalahan yang membutuhkan kemampuan pemodelan matematika. Adapun solusi yang dapat ditawarkan ialah dengan penerapan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME), yang memanfaatkan masalah sehari-hari sebagai ide dalam membangun konsep. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat peningkatan kemampuan pemodelan matematika siswa melalui pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) di SMPN 1 Sigli. Penelitian ini memiliki populasi semua siswa kelas VIII di SMPN 1 Sigli, sedangkan sampel diambil dengan menggunakan purposive sampling yaitu kelas VIII-2 dengan jumlah 20 orang siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu pre-eksperimental design dengan jenis penelitian one group pre-test post-test. Pengumpulan data dilaksanakan dengan instrumen tes kemampuan pemodelan matematika yang diberikan sebelum pembelajaran (pre-test) dan sesudah pembelajaran (post-test). Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan nilai t_hitung=8,157 dan t_tabel=1,729 maka t_hitung>t_tabel, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemodelan matematika siswa setelah diterapkan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) pada materi statistika. Sebagai implikasi dari penelitian ini diharapkan guru dapat mengembangkan dan memperluas pembelajaran menggunakan pendekatan RME, guna meningkatkan kemampuan pemodelan matematika siswa pada materi yang sesuai.

Kata Kunci: Kemampuan Pemodelan Matematika, Realistic Mathematics Education (RME), Statistika

The ability of mathematical modeling in the 2013 curriculum is an aspect that must be achieved by students in the process of learning mathematics. But in reality, most students still have difficulty in solving problems that require mathematical modeling skills. The solution that can be offered is the application of the Realistic Mathematics Education (RME) learning approach, which utilizes everyday problems as ideas in building concepts. The purpose of this study was to see the improvement of students' mathematical modeling skills through the Realistic Mathematics Education (RME) approach at SMPN 1 Sigli. This study has a population of all students of class VIII at SMPN 1 Sigli, while the sample was taken using purposive sampling, namely class VIII-2 with a total of 20 students. This study uses a quantitative approach, namely pre-experimental design with the type of research one group pre-test post-test. Data collection was carried out using a mathematical modeling ability test instrument that was given before learning (pre-test) and after learning (post-test). The research data were analyzed using the paired sample t-test. The results showed that the value of t_count = 8.157 and t_table = 1.729 then t_count> t_table, so it can be concluded that there is an increase in students' mathematical modeling ability after Realistic Mathematics Education (RME) learning is applied to statistical material. As an implication of this research, it is expected that teachers can develop and expand learning using the RME approach, in order to improve students' mathematical modeling abilities on appropriate materials. Keywords: Mathematical Modeling Ability, Realistic Mathematics Education (RME), Statistics

Citation



    SERVICES DESK