KESALAHAN MAHASISWA DALAM PENYELESAIAN SOAL ALJABAR ELEMENTER DITINJAU DARI PROSEDUR NEWMAN | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

KESALAHAN MAHASISWA DALAM PENYELESAIAN SOAL ALJABAR ELEMENTER DITINJAU DARI PROSEDUR NEWMAN


Pengarang

Kurniadi Rizki - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Suryawati - 196307171987032001 - Dosen Pembimbing I
Cut Khairunnisak - 198411272015042003 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

1706103020009

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas FKIP (S1)., 2022

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kesalahan merupakan kekeliruan terhadap suatu tahapan yang benar. Jenis-jenis kesalahan dapat diidentifikasi salah satunya menggunakan analisis kesalahan Newman. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesalahan apa saja yang dilakukan oleh mahasiswa dalam menyelesaikan soal aljabar elementer. Penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui penyebab mahasiswa melakukan kesalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek tes dalam penelitian ini merupakan mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP USK angkatan 2020 sebanyak 112 orang. Pengumpulan data diambil melalui dokumentasi lembar ujian mahasiswa dan wawancara. Data dokumentasi lembar ujian digunakan untuk melihat kesalahan yang muncul dan data hasil wawancara digunakan untuk memverifikasi serta mengetahui penyebab terjadinya kesalahan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat tiga jenis kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal. Kesalahan pertama adalah dalam melakukan transformasi terhadap proses yang disebabkan kurangnya pemahaman terhadap materi dan keliru pada penentuan setiap syarat untuk menyelesaikan soal. Kesalahan kedua adalah dalam mengolah data yang sudah ditransformasikan (keterampilan proses) yang disebabkan kurangnya ketelitian dalam melakukan operasi-operasi dasar matematika. Kesalahan ketiga adalah dalam menuliskan jawaban di akhir pengerjaan yang disebabkan kurangnya kebiasaan terhadap menulis jawaban akhir sesuai prosedur yang ada.

An error is an error in a correct step. One of the types of errors can be identified using the Newman error analysis. This study aims to identify any mistakes made by students in solving elementary algebra problems. This study was also conducted to determine the causes of students making these mistakes. This research uses a qualitative approach with a descriptive type of research. The test subjects in this study were 112 students of Mathematics Education FKIP USK class of 2020. Data collection was taken through documentation of student exam sheets and interviews. Test sheet documentation data is used to see errors that appear and interview data are used to verify and find out the cause of errors. The results showed that there were three types of student errors in solving problems. The first error is in carrying out the transformation of the process due to a lack of understanding of the material and an error in determining each condition to solve the problem. The second error is in processing the transformed data (process skills) due to lack of accuracy in performing basic mathematical operations. The third error is in writing the answer at the end of the work due to a lack of habit of writing the final answer according to the existing procedure.

Citation



    SERVICES DESK