Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
KESALAHAN MAHASISWA DALAM PENYELESAIAN SOAL ALJABAR ELEMENTER DITINJAU DARI PROSEDUR NEWMAN
Pengarang
Kurniadi Rizki - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Suryawati - 196307171987032001 - Dosen Pembimbing I
Cut Khairunnisak - 198411272015042003 - Dosen Pembimbing II
Nomor Pokok Mahasiswa
1706103020009
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas FKIP (S1)., 2022
Bahasa
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Kesalahan merupakan kekeliruan terhadap suatu tahapan yang benar. Jenis-jenis kesalahan dapat diidentifikasi salah satunya menggunakan analisis kesalahan Newman. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesalahan apa saja yang dilakukan oleh mahasiswa dalam menyelesaikan soal aljabar elementer. Penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui penyebab mahasiswa melakukan kesalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek tes dalam penelitian ini merupakan mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP USK angkatan 2020 sebanyak 112 orang. Pengumpulan data diambil melalui dokumentasi lembar ujian mahasiswa dan wawancara. Data dokumentasi lembar ujian digunakan untuk melihat kesalahan yang muncul dan data hasil wawancara digunakan untuk memverifikasi serta mengetahui penyebab terjadinya kesalahan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat tiga jenis kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal. Kesalahan pertama adalah dalam melakukan transformasi terhadap proses yang disebabkan kurangnya pemahaman terhadap materi dan keliru pada penentuan setiap syarat untuk menyelesaikan soal. Kesalahan kedua adalah dalam mengolah data yang sudah ditransformasikan (keterampilan proses) yang disebabkan kurangnya ketelitian dalam melakukan operasi-operasi dasar matematika. Kesalahan ketiga adalah dalam menuliskan jawaban di akhir pengerjaan yang disebabkan kurangnya kebiasaan terhadap menulis jawaban akhir sesuai prosedur yang ada.
An error is an error in a correct step. One of the types of errors can be identified using the Newman error analysis. This study aims to identify any mistakes made by students in solving elementary algebra problems. This study was also conducted to determine the causes of students making these mistakes. This research uses a qualitative approach with a descriptive type of research. The test subjects in this study were 112 students of Mathematics Education FKIP USK class of 2020. Data collection was taken through documentation of student exam sheets and interviews. Test sheet documentation data is used to see errors that appear and interview data are used to verify and find out the cause of errors. The results showed that there were three types of student errors in solving problems. The first error is in carrying out the transformation of the process due to a lack of understanding of the material and an error in determining each condition to solve the problem. The second error is in processing the transformed data (process skills) due to lack of accuracy in performing basic mathematical operations. The third error is in writing the answer at the end of the work due to a lack of habit of writing the final answer according to the existing procedure.
ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI GAROT ACEH BESAR (KASTURI SAPUTRI, 2018)
ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA UJIAN SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2019/2020 DI KELAS IV SDN 1 BANDA ACEH (Tasya Delora Arrumy, 2020)
ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELEAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN DI MTSN MODEL BANDA ACEH TAHUN 2016/2017 (Magfirah, 2018)
KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PADA MATERI POLA BILANGAN (Loro Andriani, 2021)
ANALISIS KESALAHAN SISWA PADA MATERI FUNGSI ALJABAR DI KELAS VIII MTS NEGERI TUNGKOB ACEH BESAR TAHUN PELAJARAN 2012/2013 (Ismatul Hasni, 2014)