PELAKSANAAN KETERAMPILAN GURU DALAM KEGIATAN MEMBUKA DAN MENUTUP PELAJARAN DI KELAS IV SD NEGERI BAYU ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PELAKSANAAN KETERAMPILAN GURU DALAM KEGIATAN MEMBUKA DAN MENUTUP PELAJARAN DI KELAS IV SD NEGERI BAYU ACEH BESAR


Pengarang

NUZULUR RAHMAH - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Alfiati Syafrina - 195709111985032007 - Dosen Pembimbing I
Linda Vitoria - 198105062010122001 - Dosen Pembimbing II
Sulaiman - 195904131988031001 - Penguji
Suci Fitriani - 198701052019032008 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1706104040066

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Subject
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas FKIP., 2022

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Rahmah, Nuzulur. 2021. Pelaksanaan Keterampilan Guru Dalam Kegiatan
Membuka Dan Menutup Pelajaran di kelas IV SD Negeri Bayu Aceh Besar.
Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:

(1) Dra. Alfiati Syafrina, M.pd
(2) Linda Vitoria, S.Si, M.Sc.

Kata Kunci: Keterampilan Guru Membuka dan Menutup Pelajaran.

Keterampilan guru dalam Kegiatan membuka dan menutup pelajaran
merupakan proses pembelajaran. Seorang guru hendaknya mampu menguasai
keterampilan membuka dan menutup pelajaran baik secara teori maupun pelaksanaan
nya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kah pelaksanaan
keterampilan guru dalam kegiatan membuka dan menutup pelajaran Permasalahan
dalam penelitian ini adalah pelaksanaan keterampilan guru dalam membuka dan
menutup pelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pelaksanaan yang dilakukan
guru dalam melaksanakan kegiatan tersebut pada kelas IV SD Negeri Bayu aceh
Besar.
Pedekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Bayu aceh Besar dengan
subjek penelitian 4 orang guru. Teknik Pengumpulan data yang digunakan melalui
observasi dan wawancara. Data diolah dengan tiga tahapan yaitu reduksi data,
penyajian data, dan penarik kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukkan bahwa
pelaksanaan yang dilakukan guru dalam kegiatan membuka dan menutup pelajaran
masih memiliki kekurangan dalam beberapa komponen baik pada kegiatan membuka
maupun kegiatan menutup pelajaran, dari pelaksanaan dalam keterampilan tersebut
hanya dua orang guru melaksanakan keterampilan membuka dan menutup dengan
baik, sedangkan dua orang guru lagi kurang melaksanakan keterampilan membuka
dan menutup dengan baik. Dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan keterampilan
membuka dan menutup pelajaran yang dilaksanakan oleh guru di SD Negeri Bayu
Aceh Besar masih kurang baik.


Citation



    SERVICES DESK