Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PELAKSANAAN KETERAMPILAN GURU DALAM KEGIATAN MEMBUKA DAN MENUTUP PELAJARAN DI KELAS IV SD NEGERI BAYU ACEH BESAR
Pengarang
NUZULUR RAHMAH - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Alfiati Syafrina - 195709111985032007 - Dosen Pembimbing I
Linda Vitoria - 198105062010122001 - Dosen Pembimbing II
Sulaiman - 195904131988031001 - Penguji
Suci Fitriani - 198701052019032008 - Penguji
Nomor Pokok Mahasiswa
1706104040066
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas FKIP., 2022
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.1
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Rahmah, Nuzulur. 2021. Pelaksanaan Keterampilan Guru Dalam Kegiatan
Membuka Dan Menutup Pelajaran di kelas IV SD Negeri Bayu Aceh Besar.
Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:
(1) Dra. Alfiati Syafrina, M.pd
(2) Linda Vitoria, S.Si, M.Sc.
Kata Kunci: Keterampilan Guru Membuka dan Menutup Pelajaran.
Keterampilan guru dalam Kegiatan membuka dan menutup pelajaran
merupakan proses pembelajaran. Seorang guru hendaknya mampu menguasai
keterampilan membuka dan menutup pelajaran baik secara teori maupun pelaksanaan
nya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kah pelaksanaan
keterampilan guru dalam kegiatan membuka dan menutup pelajaran Permasalahan
dalam penelitian ini adalah pelaksanaan keterampilan guru dalam membuka dan
menutup pelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pelaksanaan yang dilakukan
guru dalam melaksanakan kegiatan tersebut pada kelas IV SD Negeri Bayu aceh
Besar.
Pedekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Bayu aceh Besar dengan
subjek penelitian 4 orang guru. Teknik Pengumpulan data yang digunakan melalui
observasi dan wawancara. Data diolah dengan tiga tahapan yaitu reduksi data,
penyajian data, dan penarik kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukkan bahwa
pelaksanaan yang dilakukan guru dalam kegiatan membuka dan menutup pelajaran
masih memiliki kekurangan dalam beberapa komponen baik pada kegiatan membuka
maupun kegiatan menutup pelajaran, dari pelaksanaan dalam keterampilan tersebut
hanya dua orang guru melaksanakan keterampilan membuka dan menutup dengan
baik, sedangkan dua orang guru lagi kurang melaksanakan keterampilan membuka
dan menutup dengan baik. Dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan keterampilan
membuka dan menutup pelajaran yang dilaksanakan oleh guru di SD Negeri Bayu
Aceh Besar masih kurang baik.
PELAKSANAAN KETERAMPILAN GURU DALAM KEGIATAN MEMBUKA DAN MENUTUP PELAJARAN DI KELAS IV SD NEGERI LAMPEUNEURUT ACEH BESAR (Muhammad Sauki, 2017)
KESULITAN GURU DALAM MELAKSANAKAN KETERAMPILAN MEMBUKA DAN MENUTUP PELAJARAN DI SD NEGERI 51 BANDA ACEH (SRI ROZALITA BR SITEPU, 2019)
KETERAMPILAN MAHASISWA FKIP EKONOMI UNSYIAH DALAM MELAKSANAKAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PADA SEKOLAH LATIHAN (PPL) (Nurhijjah, 2017)
PERSEPSI SISWA TENTANG KEMAMPUAN GURU MATA PELAJARAN AKUNTANSI DI SMA NEGERI 1 KOTA SABANG (Rista Nora, 2021)
PROSES PEMBELAJARAN OLEH GURU MATA PELAJARAN PRAKARYA DI SMP NEGERI 11 BANDA ACEH (Cut Miftahul Jannah, 2016)