PENGALAMAN BELAJAR PRAKTIKUM SECARA ONLINE SELAMA PANDEMI COVID-19 PADA MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGALAMAN BELAJAR PRAKTIKUM SECARA ONLINE SELAMA PANDEMI COVID-19 PADA MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA


Pengarang

Intan Suci Rahayu - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Noraliyatun Jannah - 198205062006042002 - Dosen Pembimbing I
Putri Mayasari - 198505152015042002 - Dosen Pembimbing II
Dara Febriana - 198102242005012002 - Penguji
Andara Maurissa - 198302212009011101 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1712101010033

Fakultas & Prodi

Fakultas Keperawatan / Ilmu Keperawatan (S1) / PDDIKTI : 14201

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keperawatan., 2022

Bahasa

Indonesia

No Classification

610.73

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kemunculan virus corona membuat tatanan kehidupan baru bagi dunia pendidikan. Pemerintah Indonesia menetapkan kebijakan baru mengenai kuliah online di masa pandemi Covid-19. Praktikum keperawatan juga dilaksanakan secara online, sehingga memberikan pengalaman belajar baru pada mahasiswa keperawatan baik dari aspek kebermaknaan, komprehensifitas dan pengelolaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengalaman belajar praktikum secara online selama pandemi Covid-19 pada mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, menggunakan desain deskriptif eksploratif, dengan populasi berjumlah 555 orang dan jumlah sampel sebanyak 233 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik stratified random sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan berupa kuesioner yang disebarkan melalui google form. Penelitian ini menggunakan analisa univariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa distribusi rata-rata jawaban responden terhadap kuesioner pengalaman belajar (LEQ) adalah 5,57 (79,6%) yang menunjukkan berada pada skala “agak setuju-setuju”. Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa keperawatan mendapatkan pengalaman belajar yang positif pada ketiga aspek lingkungan belajar kebermaknaan, komprehensifitas dan pengelolaan pada praktikum yang dilaksanakan secara online. Diharapkan bagi mahasiswa keperawatan harus lebih giat dalam belajar dan mengambil pelajaran yang baik dari praktikum yang dilakukan secara online, agar ilmu yang sudah diberikan selama pembelajaran praktikum secara online dapat menjadi ilmu yang bermanfaat untuk menjadi calon perawat yang berkompeten di masa depan.

Kata kunci : Pengalaman Belajar, Praktikum secara online, Pandemi Covid-19
Daftar bacaan : 7 buku + 11 jurnal + 7 Sumber online (2008-2021)

The emergence of the corona virus has created a new order of life for the world of education. The Indonesian government has set a new policy regarding online lectures during the Covid-19 pandemic. Nursing practicums are also carried out online, thus providing new learning experiences for nursing students from the aspects of meaningfulness, comprehensiveness and management. The purpose of this study was to find out how the online practicum learning experience during the Covid-19 pandemic was for students of the Faculty of Nursing at Syiah Kuala University. This type of research is quantitative, using an exploratory descriptive design, with a population of 555 people and a total sample of 233 people. Sampling using stratified random sampling technique. The data collection tool used in the form of a questionnaire distributed via google form. This study used univariate analysis. The results showed that the average distribution of respondents' answers to the learning experience questionnaire was 5.57 (79.6%) which indicated that it was on the "somewhat agree-agree" scale. This shows that nursing students get a positive learning experience in the three aspects of the learning environment of meaningfulness, comprehensiveness and management of the online practicum. It is hoped that nursing students must be more active in learning and take good lessons from practicums conducted online, so that the knowledge that has been given during online practicum learning can be useful knowledge to become competent prospective nurses in the future. Keywords : learning experience, online practicum, covid-19 pandemic References : 7 books + 11 journals + 7 online sources (2008-2021)

Citation



    SERVICES DESK