PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PECAHAN DI SMP NEGERI 2 KEJURUAN MUDA ACEH TAMIANG | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PECAHAN DI SMP NEGERI 2 KEJURUAN MUDA ACEH TAMIANG


Pengarang

REZKI ANANDA AMALIYA - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Mailizar - 198105252006041002 - Dosen Pembimbing I
Syahjuzar - 195705111988101001 - Dosen Pembimbing II
Salasi R - 195707141984031003 - Penguji
Anwar - 196603221991021001 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1706103020064

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas FKIP (S1)., 2022

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Rendahnya hasil belajar matematis siswa disebabkan oleh banyak faktor, salah satu di antaranya yaitu penerapan model pembelajaran yang kurang tepat dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning (PBL) dengan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada materi Pecahan di SMP Negeri 2 Kejuruan Muda Aceh Tamiang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan eksperimen. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuasi-eksperimen dengan desain Pretest-Postest Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen dan VII-2 kelas kontrol dimana masing-masing kelas berjumlah 30 siswa. Instrument yang digunakan adalah tes hasil belajar. Data diperoleh dari pre-test dan post-test hasil belajar. Analisis data dilakukan dengan statistik uji-t satu pihak, yaitu uji pihak kanan dengan taraf signifikan α = 0,05 dengan derajat kebebasan (dk) = 58. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh thitung = 9,79 dan ttabel = 1,67 atau thitung > ttabel, dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima pada taraf signifikan α = 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model Problem Based Learning (PBL) lebih baik dari siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Implikasi kajian yaitu pelaksanaan pembelajaran matematika model Problem Based Learning (PBL) dapat diperluas pada materi matematika lainnya yang memiliki karakteristik yang sama. Hal ini penting dilakukan untuk membantu siswa agar dapat meningkatkan hasil belajar dan selain itu mereka mampu menjadikan matematika dekat dengan kehidupan sehari-harinya.
Kata kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar, Pecahan.

The low mathematical learning outcomes of students are caused by many factors, one of which is the application of an inappropriate learning model in the learning process. This study aims to determine the increase in student learning outcomes who are taught with the Problem Based Learning (PBL) model with students who are taught using conventional learning on Fractions at SMP Negeri 2 Vocational Junior High School Aceh Tamiang. This study uses a quantitative approach with an experimental design. The type of research used is a quasi-experimental design with a Pretest-Postest Control Group Design. The research sample consisted of two classes, namely class VII-1 as the experimental class and class VII-2 as control class where each class consisted of 30 students. The instrument used is a test of learning outcomes. Data obtained from pre-test and post-test learning outcomes. Data analysis was carried out with one-party t-test statistics, namely the right-hand side test with a significant level of = 0.05 with degrees of freedom (dk) = 58. Based on the results of data processing, it was obtained tcount = 9.79 and ttable = 1.67 or tcount > t table, thus H0 is rejected and H1 is accepted at a significant level = 0.05 so it can be concluded that the increase in student learning outcomes who get learning with Problem Based Learning (PBL) models is better than students who get conventional learning. The implication of the study is that the implementation of Problem Based Learning (PBL) mathematics learning can be extended to other mathematics materials that have the same characteristics. This is important to do to help students improve learning outcomes and besides that they are able to make mathematics close to their daily lives. Keywords: Problem Based Learning, Learning Outcomes, Fractions

Citation



    SERVICES DESK