SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA MASA COVID-19 DI SMA NEGERI KECAMATAN BANDAR BARU KABUPATEN PIDIE JAYA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA MASA COVID-19 DI SMA NEGERI KECAMATAN BANDAR BARU KABUPATEN PIDIE JAYA


Pengarang

Zulfikar - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Cut Zahri Harun - 195207111979032001 - Dosen Pembimbing I
Nasir Usman - 196012311985111003 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

1909200050009

Fakultas & Prodi

Fakultas Pasca Sarjana / Administrasi Pendidikan (S2) / PDDIKTI : 86104

Penerbit

Banda Aceh : pasca sarjana/admitrasi pendidikan., 2022

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.201 2

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM PROSES PEMBELAJARAN
PADA MASA COVID-19 DI SMA NEGERI KECAMATAN BANDAR BARU KABUPATEN PIDIE JAYA

Oleh : Zulfikar
NPM : 1909200050009

Komisi Pembimbing:
1. Prof. Dr. Cut Zahri Harun, M. Pd.
2. Dr. Nasir Usman, M. Pd.

ABSTRAK

Supervisi pendidikan merupakan kegiatan penting dalam proses pembelajaran di sekolah pada masa pandemi Covid-19 yang dilaksanakan oleh kepala sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, program, pendekatan, teknik, evaluasi dan tindak lanjut supervisi kepala SMA Negeri Kecamatan Bandar Baru Kabupaten Pidie Jaya terhadap guru dalam melaksanakan proses pembelajaran pada masa pademi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan dewan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan supervisi kepala SMA Negeri Kecamatan Bandar Baru Kabupaten Pidie Jaya dilaksanakan di awal tahun ajaran yang dibantu oleh para guru senior; (2) Pelaksanaan supervisi di masa pandemi Covid-19 dilakukan secara langsung melalui teknik kunjungan kelas karena Kabupaten Pidie Jaya masih melaksanakan pembelajaran secara tatap muka; dan (3) Proses evaluasi dilaksanakan dengan memperhatikan instrumen ketersediaan perangkat pembelajaran dan proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru di kelas. Kendala yang ditemui antara lain proses supervisi yang dilakukan membutuhkan waktu lama serta beberapa orang guru belum mahir menggunakan media pembelajaran berbasis IT dalam proses pembelajaran. Selanjutnya kepala sekolah melakukan tindak lanjut dengan menyediakan sarana, prasarana dan tutor untuk melatih guru yang belum mahir dalam menggunakan media pembelajaran berbasis IT.

Kata Kunci: Supervisi, Pembelajaran, dan Covid-19.

THE SUPERVISION OF PRINCIPAL IN THE LEARNING PROCESS DURING COVID-19 PANDEMIC AT SENIOR HIGH SCHOOLS IN BANDA BARU SUB-DISTRICT OF PIDIE JAYA REGENCY ABSTRACT (Zulfikar) Education supervision in school was performed by the principal as the supervisor. This research aimed to describe the principal efforts in supervising the teachers in the learning process during the covid-19 pandemic. The method used in this research was descriptive with a qualitative approach. The research result showed that: Education supervision at Senior High Schools in Bandar Baru Sub-district of Pidie Jaya Regency was conducted through several stages, namely: planning, implementation, and follow-up (evaluation). The education supervision was performed by the principal and assisted by the vice-principal and senior teachers. The teacher stated that they acknowledged that the principal had arranged the supervision schedule. The principal arranged the program before supervising the teachers because if the program is not prepared properly beforehand, then the implementation will not be going as expected. The programs that have been prepared regarding the schedule of activities consist of the start and end date of the implementation, the instruments needed, the goals to be achieved, the design for the teachers’ professional skills development, improving the teacher work motivation, and how to ensure that educational supervision can run well. The principal plans to carry out educational supervision of teachers at least once, and a maximum of twice a year, namely once in odd semesters and once in even semesters. The implementation was held at the beginning and end of the semester, both odd semesters and even semesters. Keywords: Supervision, Education, and Covid-19.

Citation



    SERVICES DESK