Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
STRATEGI PENINGKATAN MUTU SEKOLAH DI SMP NEGERI 12 BANDA ACEH.
Pengarang
YENITA - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1406101030029
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Ekonomi (S1) / PDDIKTI : 87203
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : KIP-EKONOMI., 2022
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.2
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Yenita. 2021. Strategi Peningkatan Mutu Sekolah di SMP Negeri 12 Banda Aceh.
Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Keguruan
dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing :
(1) Zulfadhli, S.Pd., M.Pd., M.Si (2) Dr. Ismail, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci : Strategi, Peningkatan Mutu Sekolah
Mutu sekolah merupakan mutu pendidikan di tingkat satuan pendidikan. Dimana
mutu merupakan suatu konsep yang didasarkan pada ilusi dan bermakna individual.
Oleh karena itu perlu adanya peningkatan mutu pendidikan di suatu sekolah agar
upaya perbaikan lembaga pendidikan tidak sederhana yang dipikirkan karena butuh
perbaikan yang berkelanjutan. Oleh karena itu, pemerintah harus memastikan dan
menjamin bahwa mutu para pendidik di Aceh memenuhi standar tersebut. Ini penting
mengingat mutu pendidikan Aceh masih mendapat kritikan dari para stakeholder dan
masyarakat pada umumnya, dan pada kenyataannya masih banyak guru yang gagal
dalam ujian kompetensi guru. Tujuan penelitian untuk mengetahui mutu Sekolah di
SMP Negeri 12 Banda Aceh, dan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan mutu
Sekolah di SMP Negeri 12 Banda Aceh. Jumlah informan dalam penelitian ini adalah
kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, dan Guru yang ada di SMP Negeri 12 Banda
Aceh. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan
wawancara. Hasil penelitian diketahui bahwa berdasarkan hasil Observasi,
wawancara dan dokumentasi yang peneliti lakukan dilapangan, bahwa pihak sekolah
merasa mutu sekolah SMP Negeri 12 Banda Aceh sudh termasuk kategori baik.
Upaya strategi peningkatan mutu yang di lakukan dan diperhatikan oleh SMP Negeri
12 Banda Aceh untuk meningkatkan mutu pendidikannya dengan melibatkan lima
faktor, yaitu: 1) Kepemimpinan Kepala Sekolah, 2) Guru, 3) Siswa, 4) Kurikulum, 5)
Jaringan Kerjasama.
ABSTRATC Yenita. 2021. Strategi Peningkatan Mutu Sekolah di SMP Negeri 12 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing : (1) Zulfadhli, S.Pd., M.Pd., M.Si (2) Dr. Ismail, S.Pd., M.Pd Keywords: Strategy, School Quality Improvement School quality is the quality of education at the education unit level. Where quality is a concept based on illusion and individual meaning. Therefore, it is necessary to improve the quality of education in a school so that efforts to improve educational institutions are not simple to think about because they need continuous improvement. Therefore, the government must ensure and guarantee that the quality of educators in Aceh meets these standards. This is important considering that the quality of Aceh's education is still under criticism from stakeholders and society in general, and in fact there are still many teachers who fail the teacher competency test. The purpose of the study was to determine the quality of schools at SMP Negeri 12 Banda Aceh, and the efforts made to improve the quality of schools at SMP Negeri 12 Banda Aceh. The number of informants in this study were principals, vice principals, and teachers at SMP Negeri 12 Banda Aceh. The study used a qualitative approach using interviews. The results showed that based on the results of observations, interviews and documentation conducted by researchers in the field, the school felt that the quality of the SMP Negeri 12 Banda Aceh school was in the good category. The quality improvement strategy efforts carried out and considered by SMP Negeri 12 Banda Aceh to improve the quality of education involve five factors, namely: 1) Principal Leadership, 2) Teachers, 3) Students, 4) Curriculum, 5) Cooperation Networks.
IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PADA MTSN RNKOTA LHOKSEUMAWE (Siti Aminah, 2014)
MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PADA SD NEGERI DAYAH GUCI KABUPATEN PIDIE. (Muhammad Nur, 2015)
MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN PADA SMA NEGERI 1 RNMUTIARA KABUPATEN PIDIE (Suhaimi Bakri, 2014)
STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN
MUTU PENDIDIKAN DI SD NEGERI 1
PEUKAN BADA ACEH BESAR (Nurasiah, 2014)
STRATEGI PENINGKATAN MUTU SEKOLAH DI SMP NEGERI 12 BANDA ACEH. (YENITA, 2022)