Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
KARYA KERJA ILMIAH
PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP MEREK TERKENAL IPHONE DAN SAMSUNG ATAS PENJUALAN SMARTPHONE SUPERCOPY
Pengarang
ZULKARNAIN - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Safrina - 197403122006042001 - Dosen Pembimbing I
Nomor Pokok Mahasiswa
1403101010115
Fakultas & Prodi
Fakultas Hukum / Ilmu Hukum (S1) / PDDIKTI : 74201
Subject
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Hukum., 2022
Bahasa
Indonesia
No Classification
346.07
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Pasal 21 ayat (1) huruf b Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis menyatakan bahwa “Permohonan ditolak jika Merek tersebut mempunyai persamaan pada pokoknya atau keseluruhannya dengan Merek terkenal milik pihak lain untuk barang dan/atau jasa sejenis”. Pengaturan tersebut belum konkrit dan holistik mengatur tentang perlindungan hukum terhadap Merek terkenal seperti smartphone iPhone dan Samsung. “Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan perlindungan hukum terhadap Merek terkenal iPhone dan Samsung atas penjualan smartphone supercopy dan menjelaskan tanggung jawab penjual dan produsen smartphone supercopy. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlindungan hukum terhadap hak Merek terkenal dilaksanakan melalui mekanisme permohonan pendaftaran Merek dan melalui gugatan ke Pengadilan Niaga terhadap pihak yang melakukan penggaran. Produsen dan penjual smartphone supercopy dapat diminta pertanggung jawaban secara perdata maupun pidana. Tanggung jawab perdata karena perbutan melawan hukum dan tanggung jawab pidana karena pelanggaran terhadap Pasal 100 ayat (1) UU Merek dan IG. tentang pelanggaran pidana atas hak Merek.
Kata Kunci: Perlindungan Hukum, Hak Merek Terkenal, Smartphone Supercopy
Article 21 paragraph (1) letter b of Law No. 20 of 2016 on Brands and Geographical Indications states that "The application is rejected if the Mark has similarities in essence or in its entirety with the other party's well-known Brand for similar goods and/or services". The arrangement has not yet concretely and holistically regulates the legal protection of well-known brands such as iPhone and Samsung smartphones. The purpose of this study is to explain the legal protection of well-known brands iPhone and Samsung over the sale of supercopy smartphones and explain the responsibilities of supercopy smartphone sellers and manufacturers. The results showed that legal protection of well-known brand rights was implemented through the mechanism of application for brand registration and through a lawsuit to the Commercial Court against the party who made the deployment. Manufacturers and sellers of supercopy smartphones can be held accountable civilly or criminally. Civil liability for unlawful prosecution and criminal liability for violation of Article 100 paragraph (1) of the Brand and IG Law. criminal infringement of brand rights. Keywords: Legal Protection, Famous Brand Rights, Smartphone Supercopy
PENGARUH ELEMEN EKUITAS MEREK (KESADARAN MEREK, PERSEPSI KUALITAS, ASOSIASI MEREK DAN LOYALITAS MEREK)TERHADAP MINAT PEMBELIAN HP SMARTPHONE SAMSUNG DI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Dedi Mofiar, 2017)
ANALISIS HUKUM TERHADAP PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG TENTANG MEREK TERKENAL ASING (STUDI KASUS TERHADAP MEREK TERKENAL ASING DIOR, PRADA DAN KINOTAKARA) (Silfia Keumaladewi, 2014)
PENGARUH CITRA MEREK DAN KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN IPHONE DI KOTA BANDA ACEH (TAUFIQ MAULANA, 2023)
PENGARUH NILAI UTILITARIAN DAN NILAI HEDONIS TERHADAP PERPINDAHAN MEREK DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI PEMODERASI (STUDI KASUS PERPINDAHAN MEREK DARI SMARTPHONE LAIN KE IPHONE PADA MAHASISWA DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA) (MUHD RAZI FALLEFI, 2018)
PENGARUH KEPUASAN MEREK DAN KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP LOYALITAS MEREK HAND PHONE SAMSUNG DI KOTA BANDA ACEH (Mulya syahputra, 2024)