IMPLEMENTASI KEARIFAN LOKAL SMONG DALAM PEMBELAJARAN JENJANG SD-SMA DI KABUPATEN SIMEULUE | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

IMPLEMENTASI KEARIFAN LOKAL SMONG DALAM PEMBELAJARAN JENJANG SD-SMA DI KABUPATEN SIMEULUE


Pengarang

RIKA MAULIZA CAHYANI - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Abdul Wahab - 195912311988031017 - Dosen Pembimbing I



Nomor Pokok Mahasiswa

1606101040044

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Geografi (S1) / PDDIKTI : 87202

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP Pendidikan Geografi., 2022

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Kearifan lokal smong merupakan tradisi lisan masyarakat Kabupaten Simeulue yang digunakan dalam mengantisipasi apabila terjadi bencana tsunami (smong). Kearifan lokal smong perlu dijaga dan disosialisasikan kepada generasi muda salah satu caranya melalui lembaga pendidikan. Pemerintah Kabupaten Simeulue mengadakan sebuah upaya kebijakan dalam mengimplementasi materi kearifan lokal smong pada jenjang SD-SMA untuk menerapkan dan mengintegrasikan nilai-nilai budaya kearifan lokal smong dalam pembelajaran. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kearifan lokal smong dalam pembelajaran jenjang SD-SMA di Kabupaten Simeulue. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis pendekatan deskriptif kualitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 10 sekolah. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan penanggung jawab program di dinas pendidikan Kabupaten Simeulue. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh diolah dengan tahapan analisis data kualitatif yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kearifan lokal smong dalam pembelajaran yang diterapkan di sekolah jenjang SD-SMA di Kabupaten Simeulue belum terlaksana dengan baik karena bersifat pengintegrasian materi juga tidak terdapat kegiatan yang tidak dilakukan dalam budaya sekolah terkait kearifan lokal smong dalam pembelajaran. Kata kunci: implementasi, smong, pembelajaran, simeulue

ABSTRACT Smong local wisdom is an oral tradition of the people of Simeulue Regency which is used in anticipating a tsunami disaster (smong). Smong local wisdom needs to be maintained and socialized to the younger generation, one way is through educational institutions. The Government of Simeulue Regency held a policy effort in implementing smong local wisdom materials at the elementary-high school level to apply and integrate the cultural values of smong local wisdom in learning. In particular, this study aims to determine the implementation of smong local wisdom in learning at the elementary-high school level in Simeulue Regency. The approach used in this research is a qualitative approach and a qualitative descriptive approach. The sample in this study were 10 schools. The subjects in this study were principals, teachers, and the person in charge of the program at the education office of Simeulue Regency. Data collection is done by observation, interviews and documentation. The data obtained were processed with the stages of qualitative data analysis, namely data reduction, data display, and conclusion drawing/data verification. The results showed that the implementation of smong local wisdom in learning that was applied in elementary-high school levels in Simeulue Regency had not been carried out properly because it was material integration and there were no activities that were not carried out in school culture related to smong local wisdom in learning. Keywords: implementation, smong, learning, simeulue

Citation



    SERVICES DESK