IMPLEMENTASI MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

IMPLEMENTASI MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE


Pengarang

Affrannisah - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Yusrizal - 195212311982031020 - Dosen Pembimbing I
Syahrun Nur - 196712241994031001 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

1809200170014

Fakultas & Prodi

Fakultas Pasca Sarjana / Pendidikan IPA (S2) / PDDIKTI : 84101

Penerbit

Banda Aceh : Program Pasca Sarjana - Pendidikan IPA., 2022

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.33

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar dan pemahaman konsep siswa pada materi elastisitas dan hukum Hooke yang diajarkan melalui model GDL berbantuan media audio-visual di MAN 4 Aceh Besar. Metode dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain pretest posttest control group dan Post-test Only Control Group Design. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI MAN 4 Aceh Besar. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket dan soal. Teknik analisis data untuk mengukur angket dan soal melalui pengujian statistik berupa uji Mann Whitney dan independent sample t test. Hasil analisis uji Non-Parametrik menggunakan uji Mann Whitney diperoleh uji Zhitung > Ztabel yaitu -6,055 > -1,96, maka Ha diterima artinya terdapat perbedaan rata-rata minat belajar siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hasil analisis N-gain kelas eskperimen diperoleh skor rata-rata 0,68 dan kelas kontrol diperoleh skor rata-rata 0,42 kategori sedang. Hasil analisis uji t (independent sample t test) diperoleh nilai signifikansi thitung > ttabel yaitu 5,652 > 1,708, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima artinya terdapat perbedaan rata-rata peningkatan pemahaman konsep siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kesimpulan dalam penelitian ini membuktikan bahwa GDL berbantuan media audio-visual dapat meningkatkan minat belajar siswa dan pemahaman konsep siswa pada materi elastisitas dan hukum Hooke.
Kata Kunci: Model Guided Discovery Learning (GDL), Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Siswa

ABSTRACT This study aims to determine the increase in students' interest in learning and understanding of students' concepts on elasticity and Hooke's law which is taught through the GDL model assisted by audio-visual media at MAN 4 Aceh Besar. The method in this study is a quasi-experimental design with a pretest posttest control group and a post-test only control group design. This research was conducted on students of class XI MAN 4 Aceh Besar. The sampling technique in this research is purposive sampling. The instruments used are questionnaires and questions. Data analysis techniques to measure questionnaires and questions through statistical testing in the form of Mann Whitney test and independent sample t test. The results of the Non-Parametric test analysis using the Mann Whitney test obtained the Zcount > Ztable test, namely -6.055 > -1.96, then Ha was accepted, meaning that there was a difference in the average student interest in learning between the experimental class and the control class. The results of the N-gain analysis of the experimental class obtained an average score of 0.68 and the control class obtained an average score of 0.42 in the medium category. The results of the analysis of the t test (independent sample t test) obtained a significance value of tcount > ttable which is 5.652 > 1.708, so it can be concluded that Ha is accepted, meaning that there is a difference in the average increase in understanding of the concepts of the experimental class and control class students. The conclusion in this study proves that GDL assisted by audio-visual media can increase students' interest in learning and understanding of students' concepts on elasticity and Hooke's law. Keywords: Model Guided Discovery Learning (GDL), Interest in Learning and Understanding of Students' Concepts

Citation



    SERVICES DESK