Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
THESES
IMPLEMENTASI MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE
Pengarang
Affrannisah - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Yusrizal - 195212311982031020 - Dosen Pembimbing I
Syahrun Nur - 196712241994031001 - Dosen Pembimbing II
Nomor Pokok Mahasiswa
1809200170014
Fakultas & Prodi
Fakultas Pasca Sarjana / Pendidikan IPA (S2) / PDDIKTI : 84101
Penerbit
Banda Aceh : Program Pasca Sarjana - Pendidikan IPA., 2022
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.33
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar dan pemahaman konsep siswa pada materi elastisitas dan hukum Hooke yang diajarkan melalui model GDL berbantuan media audio-visual di MAN 4 Aceh Besar. Metode dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain pretest posttest control group dan Post-test Only Control Group Design. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI MAN 4 Aceh Besar. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket dan soal. Teknik analisis data untuk mengukur angket dan soal melalui pengujian statistik berupa uji Mann Whitney dan independent sample t test. Hasil analisis uji Non-Parametrik menggunakan uji Mann Whitney diperoleh uji Zhitung > Ztabel yaitu -6,055 > -1,96, maka Ha diterima artinya terdapat perbedaan rata-rata minat belajar siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hasil analisis N-gain kelas eskperimen diperoleh skor rata-rata 0,68 dan kelas kontrol diperoleh skor rata-rata 0,42 kategori sedang. Hasil analisis uji t (independent sample t test) diperoleh nilai signifikansi thitung > ttabel yaitu 5,652 > 1,708, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima artinya terdapat perbedaan rata-rata peningkatan pemahaman konsep siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kesimpulan dalam penelitian ini membuktikan bahwa GDL berbantuan media audio-visual dapat meningkatkan minat belajar siswa dan pemahaman konsep siswa pada materi elastisitas dan hukum Hooke.
Kata Kunci: Model Guided Discovery Learning (GDL), Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Siswa
ABSTRACT This study aims to determine the increase in students' interest in learning and understanding of students' concepts on elasticity and Hooke's law which is taught through the GDL model assisted by audio-visual media at MAN 4 Aceh Besar. The method in this study is a quasi-experimental design with a pretest posttest control group and a post-test only control group design. This research was conducted on students of class XI MAN 4 Aceh Besar. The sampling technique in this research is purposive sampling. The instruments used are questionnaires and questions. Data analysis techniques to measure questionnaires and questions through statistical testing in the form of Mann Whitney test and independent sample t test. The results of the Non-Parametric test analysis using the Mann Whitney test obtained the Zcount > Ztable test, namely -6.055 > -1.96, then Ha was accepted, meaning that there was a difference in the average student interest in learning between the experimental class and the control class. The results of the N-gain analysis of the experimental class obtained an average score of 0.68 and the control class obtained an average score of 0.42 in the medium category. The results of the analysis of the t test (independent sample t test) obtained a significance value of tcount > ttable which is 5.652 > 1.708, so it can be concluded that Ha is accepted, meaning that there is a difference in the average increase in understanding of the concepts of the experimental class and control class students. The conclusion in this study proves that GDL assisted by audio-visual media can increase students' interest in learning and understanding of students' concepts on elasticity and Hooke's law. Keywords: Model Guided Discovery Learning (GDL), Interest in Learning and Understanding of Students' Concepts
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 9 BANDA ACEH (Silvya Anggrainy, 2020)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DIPADU MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI MADRASAH ALIYAH KOTA BANDA ACEH (FAZRINA, 2017)
PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMA NEGERI KABUPATEN BIREUEN (INTAN ZAHARA, 2018)
PENERAPAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING PADA MATERI KONSEP MOL KELAS X DI SMAN 9 BANDA ACEH (DWI MIFTAKHUL JANNAH, 2018)
PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN RESPON SISWA PADA MATERI VERTEBRATA DI KELAS X MAN DARUSSALAM, ACEH BESAR (Slamet Khalid Huda Pase, 2016)