PENGARUH PENGALAMAN WISATAWAN DAN CITRA DESTINASI TERHADAP NIAT BERKUNJUNG KEMBALI MELALUI KEPUASAN WISATAWAN PADA DESTINASI PARIWISATARNKABUPATEN ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

PENGARUH PENGALAMAN WISATAWAN DAN CITRA DESTINASI TERHADAP NIAT BERKUNJUNG KEMBALI MELALUI KEPUASAN WISATAWAN PADA DESTINASI PARIWISATARNKABUPATEN ACEH BESAR


Pengarang

ROHANA SARI - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Muhammad Adam - 196206171988111001 - Dosen Pembimbing I
Syafruddin - 196310291988111001 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

1701202010083

Fakultas & Prodi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Manajemen (S2) / PDDIKTI : 61101

Penerbit

Banda Aceh : Prog. Studi Magister Manajemen., 2022

Bahasa

Indonesia

No Classification

658.834

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK


Abstrak Karya Akhir Diserahkan kepada Panitia Komisi Ujian untuk Mendapatkan Gelar Magister Manajemen pada Program Pascasarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Syiah Kuala


PENGARUH PENGALAMAN WISATAWAN DAN CITRA DESTINASI TERHADAP NIAT BERKUNJUNG KEMBALI MELALUI KEPUASAN WISATAWAN PADA DESTINASI PARIWISATA
KABUPATEN ACEH BESAR


Oleh:

Rohana Sari
NIM: 1701202010083

Konsentrasi : Manajemen Pemasaran


Pembimbing Pertama : Prof. Dr. Muhammad Adam, SE., M.B.A Pembimbing Kedua : Dr. Syafruddin, SE., M.B.A


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh mediasi kepuasan wisatawan terhadap hubungan pengalaman wisatawan dan citra destinasi pada niat berkunjung kembali wisatawan di destinasi pariwisata Kabupaten Aceh Besar. Pengambilan data kuisioner dilakukan dengan cara online menggunakan google form kepada 220 sampel. Berdasarkan hasil analisis SEM menggunakan AMOS, menunjukkan bahwa ada pengaruh tidak langsung pengalaman wisatawan dan citra destinasi terhadap niat berkunjung kembali wisatawan. Pengalaman wisatawan dan citra destinasi memiliki pengaruh langsung secara positif dan signifikan terhadap niat berkunjung kembali, namun peran kepuasan wisatawan hanya memediasi secara parsial pengaruh pengalaman wisatawan dan citra destinasi terhadap niat berkunjung kembali wisatawan. Temuan ini berimplikasi kepada stake holder pariwisata untuk lebih fokus pada penguatan pengalaman wisatawan dan citra destinasi untuk menarik wisatawan melakukan kunjungan kembali pada destinasi pariwisata kabupaten Aceh Besar.

Kata kunci: Pengalaman Wisatawan, Citra Destinasi, Kepuasan Wisatawan dan Niat Berkunjung Kembali


ABSTRACT Abstract of Final Work Submitted to Examination Commission Committee in Partial Fulfillment of The Requirements for The Degree of Master ff Management on Graduate Program of Syiah Kuala University THE EFFECT OF TOURIST EXPERIENCE AND DESTINATION IMAGE ON REVISIT INTENTION THROUGH TOURIST SATISFACTION AT TOURISM DESTINATIONS OF ACEH BESAR REGENCY By: Rohana Sari SN: 1701202010083 Supervisor : Prof. Dr. Muhammad Adam, SE., M.B.A Co.Supervisor : Dr. Syafruddin, SE., M.B.A The aim of this study was to determine the effect of mediating tourist satisfaction on the relationship between tourist experience and destination image on the revisit intention of tourists on tourism destinations in Aceh Besar District. The questionnaire data was collected online using a Google Form to 220 samples. Based on the results of SEM analysis using AMOS, it was found that the indirect influence of tourist experience and destination image on the revisit intention tourists. Tourist experience and destination image have a significant direct effect on the revisit intention. However, the role of tourist satisfaction only partially mediates the influence of tourist experience and destination image on the revisit intention of tourists. This finding has implications for tourism stakeholders to focus more on strengthening the tourist experience and the image destination to attract tourists to make return visits to tourist destinations in Aceh Besar district. Keywords: Tourist Experience, Destination Image, Tourist Satisfaction and Revisit Intention

Citation



    SERVICES DESK