ANALISIS SOAL HIGH ORDER THINKING SKILL PADA BUKU SISWA KELAS IX KURIKULUM 2013 REVISI 2018 MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

ANALISIS SOAL HIGH ORDER THINKING SKILL PADA BUKU SISWA KELAS IX KURIKULUM 2013 REVISI 2018 MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG


Pengarang

Aminah - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Cut Morina Zubainur - 197208182002122001 - Dosen Pembimbing I
Suhartati - 197410211999032001 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

1406103020032

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas FKIP (S1)., 2021

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kurikulum pembelajaran matematika mengharapkan peserta didik terlatih untuk berpikir tingkat tinggi (HOTs) dalam menyelesaikan soal. Kemampuan dalam menyelesaikan soal HOTs itu penting dan harus didukung oleh soal latihan yang semestinya sudah tersedia pada buku teks siswa. Pada buku teks siswa kelas IX Kurikulum 2013 revisi 2018 materi bangun ruang sisi lengkung belum diketahui ketersedian soal HOTs. Hal ini berdampak kepada upaya guru dalam menentukan strategi membiasakan siswa menyelesaikan soal HOTs. Tujuan Penelitian ini yaitu mengidentifikasi ketersediaan soal berkategori High Order Thinking Skill (HOTs) pada materi Bangun Ruang Sisi Lengkung dalam buku teks Matematika Siswa SMP Kelas IX Kurikulum 2013 Revisi 2018. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Sampel penelitian ini adalah soal Uji Kompetensi pada materi Bangun Ruang Sisi Lengkung dalam Buku Teks Siswa Matematika Kelas IX Kurikulum 2013 Revisi 2018 terbitan Kemendikbud. Instrumen penelitian menggunakan lembar validasi deskripsi soal dan kesesuaian soal dengan indikator HOTs. Data dianalisis dengan mengidentifikasi soal dan kemudian mengklasifikasikan soal dengan menghitung persentase setiap soal untuk mengetahui ketersediaan soal HOTs yang ditawarkan dalam soal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 20 soal yang dianalisis terdapat 18 soal yang memenuhi kategori HOTs, yaitu C4 (Menganalisis) sebanyak 12 butir soal (60%), C5 (Mengevaluasi) 1 butir soal (5%) dan C6 (Mencipta) sebanyak 5 butir soal (25%).

The mathematics learning curriculum expects students to be trained in higher order thinking (HOTs) in solving problems. The ability to solve HOTs is important and must be supported by practice questions that should already be available in student textbooks. In the textbook for class IX students curriculum 2013 revised edition 2018 the material for curved side solid figure is not yet known about the availability of HOTs. This has an impact on the teacher's efforts in determining strategies to familiarize students with solving HOTs. The purpose of this study is to identify the availability of questions in the High Order Thinking Skill (HOTs) category on the Curved Side solid figure material in the Mathematics Textbook for Class IX Middle School Students Curriculum 2013 Revised 2018. This research is a descriptive quantitative study. The sample of his study is a Competency Test on the material Curved Side solid figure in Mathematics Student Textbook Class IX Curriculum 2013 Revised 2018 of the Ministry of Education and Culture's Constructing . The research instrument used a question description validation sheet and the suitability of the questions with the HOTs indicators. The data were analyzed by identifying the questions and then classifying the questions by calculating the percentage of each question to determine the availability of HOTs questions offered in the questions. The results of this study indicate that of the 20 questions analyzed there are 18 questions that meet the HOTs category, namely C4 (Analyzing) 12 items (60%), C5 (Evaluating) 1 item (5%) and C6 (Creating) 5 items (25%).

Citation



    SERVICES DESK