Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
HUBUNGAN SELF-ESTEEM DENGAN KECENDERUNGAN PERILAKU NARSISME PENGGUNA INSTAGRAM PADA MAHASISWA KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Pengarang
FHARA GUSTIRA - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Aiyub - 197405312006041005 - Dosen Pembimbing I
Nomor Pokok Mahasiswa
1712101010088
Fakultas & Prodi
Fakultas Keperawatan / Ilmu Keperawatan (S1) / PDDIKTI : 14201
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Keperawatan., 2021
Bahasa
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Media sosial merupakan sebuah platform yang sangat digemari oleh masyarakat saat ini, salah satunya adalah instagram. Instagram digunakan sebagai wadah berbagi momen dalam bentuk foto atau video. Kebiasaan mengunggah foto atau video dalam aktivitas sehari-hari dapat memicu perilaku narsisme. Faktor yang dapat memicu perilaku narsisme adalah self-esteem yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan self-esteem dengan kecenderungan perilaku narsisme pengguna instagram pada mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala. Desain penelitian yang digunakan adalah descriptive correlative dengan pendekatan cross sectional study. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling dengan sampel 255 mahasiswa. Untuk melihat tingkat self-esteem menggunakan kuesioner Coopersmisth Self-Esteem Inventory (CSEI) dan untuk melihat tingkat narsisme menggunakan kuesioner Skala Kecenderungan Narsistik. Penelitian ini dilakukan selama 7 hari dari tanggal 10 Agustus – 16 Agustus 2021 di Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala. Analisa data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan persentase self-esteem tinggi yaitu 88,6%, sedangkan persentase narsisme rendah yaitu 90,2%. Hasil uji chi square didapatkan P Value = 0,000 (P Value < 0,05) sehingga dapat disimpulkan terdapat hubungan self-esteem dengan kecenderungan perilaku narsisme pengguna instagram pada mahasiswa keperawatan Universitas Syiah Kuala. Diharapkan mahasiswa Fakultas Keperawatan lebih bijak dalam penggunaan instagram. Jika hal ini dilakukan secara berlebihan dapat berdampak negatif pada diri individu.
Social media is a platform that is very popular by the public today, one of which is Instagram. Instagram is used as a place to share moments in the form of photos or videos. The habit of uploading photos or videos in daily activities can trigger narcissism behavior. The factor that can trigger narcissism behavior is low self-esteem. The purpose of this study was to find out the relationship of self-esteem with the tendency of narcissism behavior of instagram users in students of the Faculty of Nursing, Syiah Kuala University. The research design used is descriptive correlative with a cross sectional study approach. The sampling technique is purposive sampling with a sample of 255 students. To look at self-esteem levels using the Coopersmisth Self-Esteem Inventory (CSEI) questionnaire and to look at narcissism levels using the Narcissistic Tendency Scale questionnaire. The study was conducted for 7 days from August 10 to August 16, 2021 at the Faculty of Nursing, Syiah Kuala University. The data analysis used is descriptive statistics and inferential statistics. The results showed a high self-esteem percentage of 88.6%, while the percentage of low narcissism was 90.2%. Chi square test results obtained P Value = 0.000 (P Value < 0.05) so that it can be concluded there is a relationship of self-esteem with the tendency of narcissistic behavior of Instagram users in nursing students of Syiah Kuala University. It is expected that students of the Faculty of Nursing are wiser in the use of Instagram. If this is done excessively it can have a negative impact on the individual.
KETERGANTUNGAN TERHADAP MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM KAITANNYA DENGAN PERILAKU SELFIE PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Hidayah, 2016)
PENGARUH EMOTIONAL RESPONSE DAN COGNITIVE RESPONSETERHADAP WORD OF MOUTH INTENTION DENGANSATISFACTION SEBAGAI VARIABEL MEDIASIPADA MAHASISWAPENGGUNA INSTAGRAMDI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Intan Farahdiba, 2016)
PERILAKU NARCISISSTIC PADA PENGGUNA INSTAGRAM DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH (FADHILA IZZATI, 2018)
HUBUNGAN MOTIVASI DENGAN KEPUASAN PENGGUNA INSTAGRAM PADA FITUR SIARAN LANGSUNG (STUDI TERHADAP MAHASISWA FKIP UNIVERSITAS SYIAH KUALA ANGKATAN 2013) HUBUNGAN MOTIVASI DENGAN KEPUASAN PENGGUNA INSTAGRAM PADA FITUR SIARAN LANGSUNG (STUDI TERHADAP MAHASISWA FKIP UNIVERSITAS SYIAH KUALA ANGKATAN 2013) (Tiska Dewi, 2017)
PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM MENINGKATKAN LITERASI KESEHATAN PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA (HENDRA KURNIAWAN, 2021)