PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKN DI KELAS V SD NEGERI 5 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKN DI KELAS V SD NEGERI 5 BANDA ACEH


Pengarang

DANIEL TANU PRATAMA - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Israwati - 195908261987032002 - Dosen Pembimbing I
Nurhaidah M. Insya Musa - 195703211979032002 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

1706104040087

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas FKIP (S1)., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

372.011 4

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Permasalahan dalam penelitian ini adalah:Sekolah Dasar (SD) Negeri 5 Banda Aceh diketahui mempunyai peraturan dan prioritas kedisiplinan begitu diutamakan khususnya untuk peserta didik. Walaupun demikian tetap saja sering terjadi pelanggaran yang dilakukan peserta didik seperti, terlambat masuk kelas. Maka dari itu pendidikan karakter disiplin dalam proses pembelajaran sangatlah penting untuk diterapkan.Rumusan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana penerapan pendidikan karakter disiplin peserta didik dalam proses pembelajaran PKn di kelas VSD Negeri 5 Banda Aceh?. Penelitian ini bertujuan Untuk mendeskripsikan penerapan pendidikan karakter disiplin peserta didik dalam proses pembelajaran PKn di kelas V SD Negeri 5 Banda Aceh.
Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah seorang guru. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dalam penerapan pendidikan karakter disiplin peserta didik dalam proses pembelajaran PKn guru sudah mampu menerapkan pendidikan karakter disiplin dengan cara membuat aturan – aturan dalam kelas, aturan disiplin dalam pembelajaran, disiplin dalam mengerjakan tugas, dan disiplin dalam mengumpulkan tugas. Guru dalam menerapkan disiplin juga memberi arahan atau pembinaan tentang peraturan kelas yang disiplin untuk mencegah agar peserta didik tidak melanggar tata tertib kelas. Guru melibatkan peserta didik dalam proses pembelajaran sehingga suasana kelas hidup dan semangat, peserta didik pun antusias saat belajar seperti bersedia maju kedepan kelas, bertanya kepada guru saat materi tidak dipahami, aktif dalam berdiskusi.

The problems in this study are: Elementary School (SD) Negeri 5 Banda Aceh is known to have regulations and disciplinary priorities so prioritize especially for students. However, there are still frequent violations committed by students such as being late for class. Therefore, discipline character education in the learning process is very important to apply. The formulation in this study is: How is the application of student discipline character education in the Civics learning process in the VSD Negeri 5 Banda Aceh class?. This study aims to describe the application of student discipline character education in the Civics learning process in class V SD Negeri 5 Banda Aceh. The approach used is qualitative with descriptive research type. The research subject is a teacher. Data was collected through observation and interviews. Data analysis techniques were carried out through data reduction, data presentation, and drawing conclusions. In the application of disciplinary character education, students in the Civic Education learning process, teachers have been able to apply disciplined character education by making rules in the classroom, disciplinary rules in learning, discipline in doing assignments, and discipline in collecting assignments. Teachers in applying discipline also provide direction or guidance on disciplined class rules to prevent students from violating class rules. The teacher involves students in the learning process so that the class atmosphere is lively and enthusiastic, students are enthusiastic when learning such as being willing to come to the front of the class, asking the teacher when the material is not understood, being active in discussions.

Citation



    SERVICES DESK