PENINGKATAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITASBELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA TORSO DAN GAMBAR DALAM MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA DI KELAS VIII-A SMP NEGERI 2 SYAMTALIRA ARON KABUPATEN ACEH UTARA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENINGKATAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITASBELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA TORSO DAN GAMBAR DALAM MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA DI KELAS VIII-A SMP NEGERI 2 SYAMTALIRA ARON KABUPATEN ACEH UTARA


Pengarang

Sulaiman - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1006103150012

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.33

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Kata Kunci: Hasil Belajar, Torso dan Gambar, Sistem Gerak pada Manusia.

Telah dilakukan penelitian sejak bulan November sampai Desember 2013 dengan judul “Peningkatan Ketuntasan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Torso dan Gambar dalam Materi Sistem Gerak pada Manusia di Kelas VIII-A SMP Negeri 2 Syamtalira Aron Kabupaten Aceh Utara”. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dan aktivitas siswa dalam materi sistem gerak pada manusia dengan menggunakan media torso dan gambar di kelas VIII-A SMP Negeri 2 Syamtalira Aron Kabupaten Aceh Utara. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A SMPN 2 Syamtalira Aron dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan non tes, alat yang digunakan adalah lembar observasi, dan soal tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media torso dan gambar pada pembelajaran sistem gerak pada manusia dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa, yaitu pada siklus I sebanyak 65% meningkat menjadi 85% pada siklus II. Penggunaan media torso dan gambar juga dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran sistem gerak pada manusia. Kesimpulannya adalah penggunaan media torso dan gambar telah meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa dan aktivitas siswa baik dalam pembelajaran sistem gerak pada manusia.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK