Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN MEDIA ROULETTE PADA PEMBELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 KUTA COT GLIE KABUPATEN ACEH BESAR
Pengarang
Nurvazillah - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nurasiah - 197612312005012002 - Dosen Pembimbing I
Muhjam Kamza - 198912072017031101 - Dosen Pembimbing II
Nomor Pokok Mahasiswa
1706101020002
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Sejarah (S1) / PDDIKTI : 87201
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas KIP., 2021
Bahasa
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Nurvazillah. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Media Roulette pada Pembelajaran Sejarah Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kuta Cot Glie Kabupaten Aceh Besar. Skripsi, Program Studi Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:
(1) Nurasiah, S. Pd., M. Pd (2) Muhjam Kamza, S. Pd., M. Pd
Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Solving, Media Roulette, Pembelajaran Sejarah
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran problem solving berbantuan media roulette pada pembelajaran sejarah dan respon siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kuta Cot Glie Kabupaten Aceh Besar dalam penerapan model pembelajaran problem solving berbantuan media roulette pada pembelajaran sejarah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS 1 yang berjumlah 24 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa (1) Penerapan model pembelajaran problem solving berbantuan media roulette pada pembelajaran sejarah dikelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Kuta Cot Glie Kabupaten Aceh Besar telah dilaksanakan dengan baik sesuai sintaks problem solving. Hal ini terlihat dari hasil analisis penerapan model pembelajaran diperoleh nilai rata-rata sebesar 78,3% termasuk dalam kriteria baik dan hasil analisis ketuntasan belajar menunjukkan 21 orang memperoleh nilai di atas KKM atau setara dengan 87,5%, sedangkan sebanyak 3 orang memperoleh nilai di bawah KKM atau setara dengan 12,5%. (2) Respon siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Kuta Cot Glie dalam penerapan pembelajaran dengan model problem solving berbantuan media roulette sudah baik. Hal ini terlihat dari aktivitas dan prilaku siswa yang ditujukkan dalam kegiatan pembelajaran, siswa mendengarkan dan mengikuti arahan guru sesuai dengan sintaks pembelajaran. Siswa memecahkan masalah yang diberikan guru dengan teliti dan tetap menjaga ketenangan kelas.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN MEDIA QUESTION BOX TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMA ISLAM MADRASATUL QUR’AN ACEH BESAR (SRI INDAH WAHYUNI, 2023)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAKEM BERBANTUKANRNMEDIA ROULETTE DALAM MENINGKATKAN HASILRNBELAJAR SISWA PADA PELAJARAN SEJARAH DIRNMAS AL-ISHLAH AL-AZIZIYAH BANDA ACEH (Laila Witra, 2021)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT BERBANTUAN MEDIA CERITA BERGAMBAR (CERGAM) PADA PEMBELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 KUALA NAGAN RAYA (RINI AULIANA, 2022)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN MEDIA POSTER TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X DI SMA NEGERI 1 SIMPANG KIRI KOTA SUBULUSSALAM (Ayu Rapika Sari, 2022)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY BERBANTUAN MEDIA PAPAN BULETI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 KUTA BARO (Hadawiyah Husni, 2023)