Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
THESES
PENGUATAN PENGETAHUAN PRAKTIK PEMBERIAN MAKAN BAYI DAN ANAK (PMBA) BIDAN PUSKESMAS SAAT PANDEMI COVID-19 DENGAN PENDEKATAN KNOWLEDGE MANAGEMENT
Pengarang
Nuril Annissa Niswanto - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Marthoenis - 198307292016091101 - Dosen Pembimbing I
Nomor Pokok Mahasiswa
1909200140012
Fakultas & Prodi
Fakultas Pasca Sarjana / Ilmu Kebencanaan (S2) / PDDIKTI : 61104
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Pasca Sarjana., 2021
Bahasa
Indonesia
No Classification
303.485
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Kegagalan pemenuhan standar emas WHO dalam hal Pemberian Makanan Bayi dan Anak (PMBA) bisa terjadi dalam suatu kedaruratan, termasuk Pandemi Covid-19. Hal ini bisa mengakibatkan perburukan status gizi seperti stunting atau bahkan kematian jika tidak dikelola dengan baik. Bidan puskesmas selaku salah satu profesi tenaga kesehatan terdekat dengan masyarakat adalah edukator kesehatan yang efektif. Penggunaan pendekatan Knowledge Management (KM) berpotensi meningkatkan kapasitas pengetahuan mereka dalam hal PMBA saat Pandemi Covid-19. Penelitian cluster randomized controlled trial ini bertujuan untuk mengidentifikasi efek pendekatan KM pada penguatan pengetahuan bidan puskesmas mengenai PMBA saat Pandemi Covid-19. Total 10 puskesmas di Kota Banda Aceh dirandomisasi ke dalam 1 kelompok kontrol dan 2 kelompok intervensi. Kelompok intervensi yang satu menerima sesi webinar secara umum mengenai PMBA saat Covid-19 sedangkan satu kelompok lagi mendapat sesi FGD dengan pendekatan KM, juga mengenai PMBA saat Covid-19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum mendapatkan intervensi, tingkat pengetahuan tiap kelompok relatif mirip pada kelompok kontrol, intervensi webinar dan intervensi FGD, yaitu 68%, 69%, dan 68% secara berurutan. Di akhir penelitian, kelompok intervensi FGD dengan pendekatan KM menunjukkan peningkatan pengetahuan lebih tinggi (83%) dari pada kelompok intervensi webinar (74%). Penguatan pengetahuan para bidan terkait PMBA dalam Pandemi Covid-19 ini sangat penting untuk terus dikembangkan mengingat pandemi ini tampaknya belum akan berakhir dalam waktu dekat. Pendekatan KM melalui berbagai metode, baik FGD maupun yang lain, mungkin bisa menjadi salah satu pilihan yang bisa terus dikembangkan dalam penelitian-penelitian mendatang.
Failure to meet the WHO gold standard in terms of Infant and Young Child Feeding (IYCF) can occur in an emergency, including this Covid-19 pandemic. This can lead to worsening nutritional status such as stunting or even death, if not managed properly. The puskesmas midwife as one of the health professionals closest to the community is an effective health educator. The use of the Knowledge Management (KM) approach has the potential to increase their knowledge capacity in terms of IYCF during the Covid-19 Pandemic. This cluster randomized controlled trial aims to identify the effect of the KM approach on strengthening the knowledge of puskesmas midwives regarding IYCF during the Covid-19 pandemic. A total of 10 puskesmas in Banda Aceh City were randomized into 1 control group and 2 intervention groups. One intervention group received a general webinar session regarding PMBA during Covid-19, while the other group received a FGD session with a KM approach on the same matter. The results showed that before getting the intervention, the level of knowledge of each group was relatively similar in the control group, webinar intervention and FGD intervention; 68%, 69%, and 68% respectively. At the end of the study, the FGD intervention group with the KM approach showed a higher increase in knowledge (83%) than the webinar intervention group (74%). Strengthening the knowledge of midwives regarding IYCF in the Covid-19 Pandemic is very important to continue to be developed considering that this pandemic does not seem to be ending in the near future. The KM approach inserted through various methods of knowledge upgrading – not only FGDs – may be an option that can be developed as needed in the following researches to come.
GAMBARAN PRAKTIK PEMBERIAN MAKAN PADA BAYI DAN ANAK (PMBA) STUNTING DAN NON STUNTING DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KRUENG BARONA JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (BUDIADARI ZAHRATUL JANNAH, 2024)
INFANT AND CHILD FEEDING INDEX (ICFI) DAN HUBUNGANNYA DENGAN STATUS GIZI ANAK DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS JEULINGKE BANDA ACEH (RISKIA MIRANTI, 2021)
HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN PERILAKU IBU DALAM PRAKTIK PEMBERIAN MAKAN PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KECAMATAN ULEE KARENG (WARDATUL FITRIA, 2022)
PERILAKU MAKAN DAN JENIS TUMBUHAN PAKAN ORANGUTAN SUMATERA (PONGO ABELII) REINTRODUKSI DI STASIUN REINTRODUKSI ORANGUTAN JANTHO, ACEH BESAR (Helvi Musdarlia, 2016)
HUBUNGAN PERILAKU ORANG TUA DALAM PRAKTIK PEMBERIAN MAKAN DENGAN STATUS GIZI BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KUTA BARO ACEH BESAR (DIAN NOVITA SARI HUSAINI, 2024)