Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PERILAKU KOMUNIKASI INTERPERSONAL PECANDU GAME ONLINE PUBG MOBILE RN(STUDI PADA MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI FISIP USK)
Pengarang
Temas Miko - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Rahmawati - 196209022000122003 - Dosen Pembimbing I
Novi Susilawati - 198911162019032018 - Dosen Pembimbing II
Nomor Pokok Mahasiswa
1510102010004
Fakultas & Prodi
Fakultas Ilmu Sosial dan Politik / Ilmu Komunikasi(S1) / PDDIKTI : 70201
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas FISIP., 2021
Bahasa
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
para pemain game online banyak menghabiskan waktu untuk bermain sehingga dapat mengakibatkan kecanduan, menjadikan game online sebagai kebutuhan yang harus dipenuhi. Akibat bermain game online secara berlebihan dapat membuat seseorang menjadi jauh dari kegiatan sosial yang akan mempengaruhi keterampilan sosialnya. Pada penelitian ini membahas tentang perilaku komunikasi interpersonal pecandu game online PUBG Mobile dan akan menggunakan model keterampilan sosial milik Riggio dan Reichard (2008). Pada model keterampilan Riggio dan Reichard (2008) menjelaskan tiga model keterampilan sosial serta tiga keterampilan emosi. Dalam kerangka tersebut dibuat berdasarkan pada penelitian mengenai komunikasi interpersonal. Keterampilan tersebut, masing-masing terdapat pada domain emosional (keterampilan emosional) serta pada domain verbal (keterampilan sosial). Metode pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriftif. Data yang dikumpulkan menggunakan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan kecanduan game online PUBG Mobile menjadi salah satu penyebab keterampilan sosial seseorang menjadi tidak baik. Candu terhadap game online mempengaruhi keterampilan sosial seseorang. Para informan menghabiskan waktu rata-rata selama kurang lebih 8-9 jam dalam sehari. Informan banyak menghabiskan waktu bermain game online sehingga menyebabkan kesempatan untuk terlibat dalam interaksi sosial yang efektif menjadi berkurang, sehingga keterampilan sosial yang dimiliki informan menjadi imbas negatifnya. Hal ini mengakibatkan para informan menjadi kurang percaya diri serta menjadi pribadi yang pendiam dan tertutup. Penelitian ini diharapkan menjadi acuan agar pecandu bisa membatasi durasi dalam bermain game online, peran dari orang tua serta pemerintah dalam memperhatikan para pecandu game online, serta menjadi referensi untuk penelitian selanjutnya.
Kata kunci: Komunikasi Interpersonal, Pecandu Game online, PUBG mobile, Keterampilan sosial
ABSTRACT Online gamers spend a lot of time playing so that it can lead to addiction, making online games a necessity that must be met. The consequences of playing online games excessively can make a person become away from social activities that will affect his social skills. In this study discussed the interpersonal communication behavior of pubg mobile online game addicts and will use Riggio and Reichard's (2008) social skills model. In this model, Riggio and Reichard (2008) explain three models of social skills as well as three emotional skills. The framework is based on research on interpersonal communication. These skills are found in the emotional domain (emotional skills) as well as in the verbal domain (social skills). The method in this study uses descriptive qualitative methods. Data collected using observation, interview and documentation. The results of this study show pubg mobile online gaming addiction to be one of the causes of one's social skills to be bad. Opiates against online games affect one's social skills. The informants spend an average of approximately 8-9 hours a day. Informants spend a lot of time playing online games, causing the opportunity to engage in effective social interactions to be reduced, so that the social skills possessed by the informant become negative. This resulted in informants becoming less confident and becoming quiet and reclusive individuals. This research is expected to be a reference so that addicts can limit the duration in playing online games, the role of parents and the government in paying attention to online gaming addicts, as well as being a reference for further research. Keyword: Interpersonal Communication, Online Game Addict, PUBG Mobile, Social Skills
PERILAKU KOMUNIKASI INTERPERSONAL PECANDU GAME ONLINE MOBILE LEGENDS (STUDI PADA PECANDU GAME ONLINE DI KEDAI KOPI BANDA ACEH) (MUHAMMAD AZIS BINTANG, 2024)
PERILAKU KOMUNIKASI INTERPERSONAL PECANDU GAME ONLINE PUBG MOBILE RN(STUDI PADA MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI FISIP USK) (Temas Miko, 2021)
ANALISIS JUAL BELI AKUN GAME ONLINE PLAYER UNKNOWN’S BATTLEGROUND (PUBG) MOBILE DIKAITKAN DENGAN KONSEP CAUSA YANG HALAL DALAM PASAL 1320 KUHPERDATA DAN FATWA MPU ACEH NO 3 TAHUN 2019 (Muhammad Aditya Mutawackil, 2024)
HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN INTERNET DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI FISIP UNSYIAH ANGKATAN 2014 (ZULFAN, 2016)
PERSEPSI MAHASISWA FKIP UNIVERSITAS SYIAH KUALA TERHADAP FATWA MPU ACEH NOMOR. 3 TAHUN 2019 TENTANG GAME ONLINE PLAYER UNKNOWS BATTLE GROUNDS (PUBG) DAN SEJENISNYA DIHARAMKAN (ROBBY ARMANDA, 2021)