Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LEARNING TOGETHER BERBANTUAN MEDIA LEAFLET TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI MAN 1 ACEH UTARA
Pengarang
INTAN ZUHRA - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Sakdiyah - 196412311992032011 - Dosen Pembimbing I
Muhjam Kamza - 198912072017031101 - Dosen Pembimbing II
Nomor Pokok Mahasiswa
1606101020046
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Sejarah (S1) / PDDIKTI : 87201
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2021
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.3
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Zuhra, Intan. 2021. “Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together Berbantuan Media Leaflet Terhadap Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI MAN 1 Aceh Utara”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:
Dr. Sakdiyah, M.Si. (2) Muhjam Kamza, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Model Pembelajaran, learning together, leaflet, Motivasi Belajar.
Penelitian ini membahas efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe learning together berbantuan media leaflet terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran sejarah kelas XI MAN 1 Aceh Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-experimental design dengan desain one-shot case study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang terdiri dari 5 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes, angket dan dokumentasi. Pada teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai t_(hitung ) = 3, 280 dan nilai t_tabel pada taraf α = 0,05 dengan dk = 30 adalah 2,042 berarti t_(hitung ) > t_tabel atau 3,280 > 2,042. Oleh karena itu, sesuai kriteria pengujian maka H_0 ditolak dan H_a diterima. Artinya, terdapat pengaruh yang signifikansi variabel model pembelajaran kooperatif tipe learning together berbantuan media leaflet (X) terhadap motivasi belajar (Y).
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE RECIPROCAL TEACHING BERBANTUAN MEDIA KOTAK KARTU MISTERI (KOKAMI) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X IPS 2 MAN ACEH SINGKIL (Aidil Fitriadi, 2022)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW BERBANTUAN MEDIA LEAFLET TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH PADA KELAS X SMA NEGERI 1 CALANG (M. DWANDA FAZLUL AFDHAL, 2024)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA DISPLAY INQUIRY ENVELOPE TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMAN 1 SAMALANGA (SYAIRA ANATAYA, 2023)
PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER BERBANTUAN MEDIA ULAR TANGGA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI IPS I SMA NEGERI 3 BIREUEN (FAJAR RAMADHANA, 2023)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN MEDIA ARCHERY DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS 4 SMA NEGERI 1 MUTIARA (SYAHRUN MUBARAK, 2023)