EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LEARNING TOGETHER BERBANTUAN MEDIA LEAFLET TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI MAN 1 ACEH UTARA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LEARNING TOGETHER BERBANTUAN MEDIA LEAFLET TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI MAN 1 ACEH UTARA


Pengarang

INTAN ZUHRA - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Sakdiyah - 196412311992032011 - Dosen Pembimbing I
Muhjam Kamza - 198912072017031101 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

1606101020046

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Sejarah (S1) / PDDIKTI : 87201

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Zuhra, Intan. 2021. “Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together Berbantuan Media Leaflet Terhadap Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI MAN 1 Aceh Utara”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:
Dr. Sakdiyah, M.Si. (2) Muhjam Kamza, S.Pd., M.Pd

Kata Kunci: Model Pembelajaran, learning together, leaflet, Motivasi Belajar.
Penelitian ini membahas efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe learning together berbantuan media leaflet terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran sejarah kelas XI MAN 1 Aceh Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-experimental design dengan desain one-shot case study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang terdiri dari 5 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes, angket dan dokumentasi. Pada teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai t_(hitung ) = 3, 280 dan nilai t_tabel pada taraf α = 0,05 dengan dk = 30 adalah 2,042 berarti t_(hitung ) > t_tabel atau 3,280 > 2,042. Oleh karena itu, sesuai kriteria pengujian maka H_0 ditolak dan H_a diterima. Artinya, terdapat pengaruh yang signifikansi variabel model pembelajaran kooperatif tipe learning together berbantuan media leaflet (X) terhadap motivasi belajar (Y).

Citation



    SERVICES DESK