PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PBL PADA PEMBELAJARAN FISIKA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PBL PADA PEMBELAJARAN FISIKA


Pengarang

PRATIWI JASMINE SUWARDI - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Ngadimin - 196203281990111001 - Dosen Pembimbing I
Soewarno S - 195609131985031003 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

1706103030056

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Fisika (S1) / PDDIKTI : 84203

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP Pendidikan Fisika., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.33

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian ini bertujuan untuk Menghasil Menghasilkan e-modul berbasis problem based learning yang layak digunakan dalam proses belajar mengajar. Penelitian merupakan penelitian pengembangan atau RnD (Reasech and Development) dengan model pengembangan menggunakan model 4-D (define, design, develop, and dessimate). Subjek pada penelitian ini merupakan peserta didik kelas X MIPA 2 di SMAN 1 Tangse yang berjumlah 30 orang. Langkah-langkah penelitian ini dimualai dengan memberikan posttest kepada peserta didik, kemudian memberikan elektronika modul dan belajar bersama, setelah memberikan elektronika modul peserta didik diberikan angket respon serta soal posttest untuk melihat tingkat pemahaman pada peserta didik. Hasil validasi ahli materi dan ahli media mendapatkan kategori layak dan sangat layak dengan presentase 84,85 dan 78,4. Hasil respon peserta didik serta guru juga mendapat rata-rata jawaban tinggi yang artinya elektronika modul layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Terdapat 13 orang mendapat kategori N-Gain tinggi, 15 orang dengan kategori N-Gain sedang serta 2 orang dengan kategori N-Gain rendah, dengan hasil rata-rata nilia N-Gain 0,6. Dapat dilihat dari hasil N-Gain pemahaman peserta didik mengalami peningkatan pemahaman materi pada materi momentum dan impuls dengan menggunakan elektronika modul.

The goal of this study is to develop problem-based learning e-modules that can be used in the teaching and learning process. Research is development research, or RnD (Research and Development), using a 4-D model as a development model (define, design, develop, and dessimate). Students in class X MIPA 2 at SMAN 1 Tangse, a total of 30 participants, were the subjects of this study. These research steps begin with learners receiving a posttest, followed by learners receiving a response questionnaire and posttest questions to determine their level of understanding. After receiving electronica modules, learners are given a response questionnaire and posttest questions to determine their level of understanding. Material and media specialists' validation results fall into the decent and very decent categories, respectively, with percentages of 84.85 and 78.4. The average reaction of learners and teachers is similarly high, indicating that the electronics module is appropriate for use in education. With an average N-Gain value of 0.6, there are 13 people in the high N-Gain category, 15 people in the medium N-Gain category, and 2 people in the medium N-Gain category. The N-Gain understanding of learners experiencing an increase in material understanding of momentum and impulses by employing electronics module.Electronics module can be observed in the results.

Citation



    SERVICES DESK