PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI FPB DI KELAS IV SDN LAMPEUNEURUT ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    KARYA KERJA ILMIAH

PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI FPB DI KELAS IV SDN LAMPEUNEURUT ACEH BESAR


Pengarang

NURI MAGHFIRAH - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Linda Vitoria - 198105062010122001 - Dosen Pembimbing I
Bachtiar - 195709181986101001 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

1706104040083

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Pemahaman peserta didik terhadap materi FPB di kelas IV SDN Lampeuneurut Aceh Besar masih rendah. Oleh karena itu penelitian ini dilaksanakan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi FPB. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah aktivitas belajar dan peningkatan hasil belajar peserta didik setelah mengikuti pembelajaran matematika realistik pada materi FPB di kelas IV SDN Lampeuneurut Aceh Besar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas belajar dan peningkatan hasil belajar peserta didik setelah mengikuti pembelajaran matematika realistik pada materi FPB di kelas IV SDN Lampeuneurut Aceh Besar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah aktivitas belajar dengan analisis deskriptif dan analisis ketuntasan hasil belajar dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas peserta didik dalam proses pembelajaran pada siklus I berada pada kategori aktif dengan skor 53,75 pada siklus II berada pada kategori aktif dengan skor 72,5 dan pada siklus III berada pada kategori sangat aktif dengan skor 88,75. Ketuntasan hasil belajar pada siklus I sebanyak 15 atau 55,6 % peserta didik tuntas, siklus II sebanyak 22 atau 78,6% peserta didik tuntas dan pada siklus III mengalami peningkatan sebanyak 26 atau 96% peserta didik tuntas. Oleh karena itu dapat disimpulkan pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada materi FPB di kelas IV SDN Lampeuneurut Aceh Besar.

Students' understanding of FPB material in grade IV at SDN Lampeuneurut Aceh Besar is still low. Therefore, this research was carried out to improve students' understanding of the FPB material. The formulation of the problem in this study is how the learning activities and improving student learning outcomes after participating in realistic mathematics learning on FPB material in class IV SDN Lampeuneurut Aceh Besar. This study aims to describe learning activities and improving student learning outcomes after participating in realistic mathematics learning on FPB material in class IV at SDN Lampeuneurut Aceh Besar. The approach used is a qualitative approach with the type of classroom action research. Data collection techniques were carried out by means of observation and tests. The data analysis technique used is learning activities with descriptive analysis and analysis of mastery learning outcomes with percentages. The results showed an increase in student activity in the learning process in the first cycle in the active category with a score of 53.75 in the second cycle in the active category with a score of 72.5 and in the third cycle in the very active category with a score of 88.75. Completeness of learning outcomes in the first cycle as many as 15 or 55.6% of students completed, in the second cycle 22 or 78.6% of students completed and in the third cycle an increase of 26 or 96% of students completed. Therefore, it can be concluded that realistic mathematics learning can increase the activity and learning outcomes of students on FPB material in class IV at SDN Lampeuneurut according to Aceh Besar.

Citation



    SERVICES DESK