Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
MENGEMBANGKAN KECERDASAN NATURALISTIK ANAK USIA DINI MELALUI PENERAPAN METODE PROYEK DI PAUD ANANDA RISKI KABUPATEN ACEH BESAR
Pengarang
RAHMIATI - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1406104210037
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / PG PAUD (S1) / PDDIKTI : 86207
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas KIP., 2021
Bahasa
Indonesia
No Classification
372.21
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Rahmiati. 2018. (Mengembangkan Kecerdasan Naturalistik Anak Usia Dini melalui
Penerapan Metode Proyek di PAUD Ananda Riski Kabupaten Aceh Besar).
Skripsi, Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:
(1) Dr. Israwati, M.Si
(2) Rahmi, S.Pd.I, M.Ed
Kata kunci: Kecerdasan naturalistik, metode proyek, anak usia dini
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kecerdasan naturalis anak
melalui penerapan metode proyek pada anak usia 4-5 tahun di PAUD Ananda Riski
Aceh Besar dengan masalah apakah kecerdasan naturalis dapat ditingkatkan melalui
penerapan metode proyek. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif
dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun di
PAUD Ananda Riski berjumlah 10 orang anak, terdiri dari 5 anak perempuan dan 5
anak lelaki. Variabel penelitian ini adalah kecerdasan naturalis anak. Pengumpulan
data dilakukan melalui observasi dan unjuk kerja. Teknik analisis data dilakukan
secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan
naturalistik anak dapat meningkat setelah diberi tindakan. Adapun tindakan yang
diberikan adalah kegiatan menanam dan merawat tanaman bayam melalui penerapan
metode proyek. Pada pertemuan pertama untuk kriteria BSH (Berkembang Sesuai
Harapan) sebanyak 5 anak, kriteria MB (Mulai Berkembang) sebanyak 3 anak dan
kriteria BB (Belum Berkembang) sebanyak 2 anak. Pertemuan kedua untuk kriteria
BSB (Berkembang Sangat Baik) sebanyak 5 anak, kriteria BSH (Berkembang Sesuai
Harapan) sebanyak 3 anak dan kriteria MB (Mulai Berkembang) sebanyak 2 anak.
Pertemuan ketiga untuk kriteria BSB (Berkembang Sangat Baik) sebanyak 8 anak
dan kriteria BSH (Berkembang Sesuai Harapan) 2 anak. Kecerdasan naturalistik anak
usia 4 sampai 5 tahun mengalami perkembangan melalui penerapan metode proyek.
ABSTRAK Rahmiati. 2018. (Developing Early Childhood Naturalistic Intelligence through Application of Project Methods in Ananda Riski PAUD Aceh Besar District). Skripsi, Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Israwati, M.Si (2) Rahmi, S.Pd.I, M.Ed Keywords: Naturalistic intelligence, project methods, early childhood This study aims to develop children's naturalist intelligence through the application of project methods to children aged 4-5 years in Ananda Riski Aceh Besar PAUD with the problem of whether naturalist intelligence can be improved through the application of project methods. This research is a type of descriptive research with a qualitative approach. The subjects of this study were children aged 4-5 years in Ananda Riski PAUD, totaling 10 children, consisting of 5 daughters and 5 sons. The variable of this research is the naturalist intelligence of children. data collection is done through observation and performance. The data analysis technique was carried out in a qualitative descriptive manner. The results showed that children's naturalistic intelligence can increase after being given action. The actions given are activities to plant and care for spinach plants through the application of project methods. At the first meeting for the criteria of BSH (Developing according to Expectations) as many as 5 children, criteria for MB (Starting to Develop) as many as 3 children and criteria for BB (Not Developing) as many as 2 children. The second meeting was for the criteria of BSB (Excellent Development) as many as 5 children, criteria for BSH (Developing according to Expectations) as many as 3 children and criteria for MB (Starting to Develop) as many as 2 children. The third meeting was for the criteria for BSB (Excellent Development) as many as 8 children and criteria for BSH (Developing as Expected) 2 children. Naturalistic intelligence of children aged 4 to 5 years develops through the application of project methods.
MENGEMBANGKAN KECERDASAN NATURALISTIK ANAK USIA DINI MELALUI PENERAPAN METODE PROYEK DI PAUD ANANDA RISKI KABUPATEN ACEH BESAR (RAHMIATI, 2021)
MENGEMBANGKAN KECERDASAN SOSIAL-EMOSIONAL ANAK USIA DINI MELALUI BERMAIN PERAN DI PAUD TAHFIZH ANAK BANGSA KOTA BANDA ACEH (Indayani, 2017)
MENGEMBANGKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL SOM-SOM ANEUK DI PAUD NURUL HIDAYAH KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (Misna Hanum, 2018)
MENGEMBANGKAN KECERDASAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN BERMAIN PERAN DI PAUD BAYYINAH KABUPATEN ACEH BESAR (Nurul Fajri, 2018)
MENGEMBANGKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA DINI MELALUI BERMAIN PERAN DI PAUD BUAH HATI KABUPATEN ACEH TENGAH (Wulan Suci Magfirah, 2017)