KEPEMIMPINAN KEPALA DINAS DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI PADA DINAS PENDIDIKAN KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

KEPEMIMPINAN KEPALA DINAS DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI PADA DINAS PENDIDIKAN KOTA BANDA ACEH


Pengarang

Saiful Azmi - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Cut Zahri Harun - 195207111979032001 - Dosen Pembimbing I
Khairuddin - 195903111985031002 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

1909200050001

Fakultas & Prodi

Fakultas Pasca Sarjana / Administrasi Pendidikan (S2) / PDDIKTI : 86104

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

352.236

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

KEPEMIMPINAN KEPALA DINAS DALAM MENINGKATKAN
KINERJA PEGAWAI PADA DINAS PENDIDIKAN
KOTA BANDA ACEH

Oleh : Saiful Azmi
NPM : 1909200050001

Komisi Pembimbing:
1. Prof. Dr. Cut Zahri Harun, M. Pd.
2. Dr. Khairuddin, M. Pd.
ABSTRAK
Kepemimpinan seorang pemimpin dapat menentukan arah dan tujuan organisasi mencapai suatu tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan program kepemimpinan, strategi kepemimpinan, dan faktor pendukung dan hambatan kepemimpinan Kepala Dinas Pendidikan Kota Banda Aceh dalam meningkatkan kinerja pegawai. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian Kepala Dinas, Sekretaris, Kepala Sub Bagian, Kepala Bidang dan Kepala Seksi Dinas Pendidikan Kota Banda Aceh. Hasil Penelitian menunjukan bahwa: (1) Program dalam meningkatkan kinerja pegawai di antaranya peningkatan disiplin pegawai, dengan melaksanakan apel pagi setiap hari senin untuk menumbuhkan rasa kesadaran untuk hadir tepat waktu serta pegawai mampu bekerja dengan penuh rasa tanggung jawab, pembinaan sumber daya manusia dengan melaksanakan pelatihan-pelatihan, seminar dan workshop; (2) Strategi yang diterapkan dalam meningkatkan kinerja pegawai adalah dengan menjadikan dirinya sebagai suri tauladan dengan hadir tepat waktu setiap hari kerja, meningkatkan komitmen dengan mengajak pegawai untuk sering berdiskusi untuk mendapatkan cara yang di inginkan oleh semua pegawai, memberikan motivasi agar mampu bekerja sesuai dengan tugas pokok masing-masing dan meningkatkan pembinaan kemampuan profesional individu maupun kelompok; dan (3) Faktor pendukung dalam meningkatkan kinerja pegawai adalah terciptanya budaya kerja yang harmonis, memahami tugas dan fungsi pegawai serta terciptanyan hubungan yang kondusif antara atasan dan bawahan dan berbagai macam prestasi-prestasi yang dimiliki. Hambatan yang masih ditemui adalah keterbatasan sumber daya manusia yang dimiliki, masih ada sebagian pegawai yang kurang disiplin dalam melaksanakan tugas, masih ada sebagian pegawai yang belum mampu menguasai teknologi, sehingga menyebabkan terkendala dalam melaksanakan tugas yang telah diberikan oleh pimpinan.
Kata Kunci: Kepemimpinan, Komitmen, Motivasi, Disiplin, dan Kinerja Pegawai.

THE LEADERSHIP OF THE HEAD OF AGENCY IN IMPROVING CIVIL SERVANT PERFORMANCE AT THE EDUCATION AGENCY OF BANDA ACEH ABSTRACT (Saiful Azmi) The leadership of a leader can determine the direction and goals of the organization to achieve a goal. This study aimed to describe leadership programs, leadership strategies, and supporting factors and obstacles to the leadership of the Head of Banda Aceh Education Agency in improving civil servant performance. This study used a qualitative approach with a descriptive method. Data collection techniques used were observation, interviews, and documentation. The research subjects were the Head, Secretary, Head of Sub-Division, Head of Division, and Head of Section of Banda Aceh Education Agency. The results showed that: (1) Programs to improve civil servant performance include increasing civil servant discipline, by holding morning roll call every Monday to foster a sense of awareness to be on time and encourage them to work with a full sense of responsibility, and fostering human resources by carrying out trainings, seminars and workshops; (2) The strategy implemented in improving civil servant performance was to make himself (the head of the agency) a role model by being present on time every working day, increasing civil servant commitment by frequently inviting them to discuss to get the way all they want, motivating civil servant to be able to work in accordance with their main tasks, and improving individual and group professional abilities, and (3) Supporting factors in improving civil servant performance were a harmonious work culture, understanding of the duties and functions of civil servants, a conducive relationship between superiors and subordinates, and achievements owned. Obstacles encountered were limited human resources, undisciplined civil servants in carrying out their duties, and lack of technology skills of some civil servants that caused problems in carrying out duties assigned to them. Keywords: Leadership, Commitment, Motivation, Discipline, and Civil Servant Performance

Citation



    SERVICES DESK