Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
NULL
METODE PEMBELAJARAN ALAT MUSIK REKORDER PADA MAHASISWA SENDRA TASIK FKIP UNSYIAH
Pengarang
Asnidar - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
9961232420
Fakultas & Prodi
Fakultas / / PDDIKTI :
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.307
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Rekorder merupakan salah satu alat musik tiup yang termasuk ke dalam kelompok seruling, tidak memakai lidah getar yang terbuat dari kayu, logam ataupun ebonit (plastik). Alat musik ini terdiri dari tujuh lubang jari depan dan satu lubang jempol di belakang yang mempunyai hulu tiup berbentuk pipih. Dalam mempelajari alat musik tiup ini harus memiliki teknik yang tepat agar mendapatkan hasil yang baik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara dosen mengajarkan alat musik rekorder pada mahasiswa Sendratasik FKIP Unsyiah sekaligus mengetahui cara belajar alat musik rekorder yang diterapkan oleh mahasiswa Sendratasik FKIP Unsyiah.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengolahan data meliputi observasi dengan menggunakan dattar check-list dan wawancara. Pengumpulan data dilakukan secara langsung dengan mahasrswa Sendratasik FKIP Unsyiah yang mengukutt mata kuliah ansambel serta mengolah data dan melakukan penafsiran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa cara dosen menganarkan alat musik rekorder pada mahasiswa program studi Sendratasik dimulai dengan beberapa tahap yaitu teknik penjarian, teknik tiup, dan baca notasi. Cara belajar alat musik rekorder yang dilakukan oleh mahasiswa Sendratsik dilakukan secara individu dan berkelompok. Belajar secara individu dimulai dengan mempelajari notasi, ketukan, teknik tiup dan teknik penjarian. Belajar secara berkelompok dilakukan dengan mempelajari rekorder berdasarkan arransemen. Hambatan dalam proses pembelajaran alat musik rekorder umumnya yaitu kurangnya penguasaan teknik penjarian, baca notasi, serta
teknik tiup
Tidak Tersedia Deskripsi
KORELASI NILAI MICRO TEACHING DENGAN NILAI PPL MAHASISWA PENDIDIKAN SEJARAH FKIP UNSYIAH BANDA ACEH ANGKATAN 2011 (Emi Famila, 2016)
METHODS APPLIED BY THE TEACHERS IN TEACHING SPEAKING FOR GRADE XII OF SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS (A QUALITATIVE STUDY AT SMAN 2 BANDA ACEH) (FRILLA GEUBRINA DJUFRI, 2014)
METODE PEMBELAJARAN ENSAMBEL MUSIK PERKUSI PADA MAHASISWA SENDRATASIK FKIP UNSYIAH (Sari Rahmi, 2024)
KETERAMPILAN PEMBELAJARAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI FKIP UNSYIAH DALAM PERKULIAHAN MICRO TEACHING SEMESTER GANJIL TAHUN AKADEMIK 2014/2015 (Ruslaini, 2015)
THE APPLICATION OF CONTEXTUAL TEACHIN G AND LEARNING IN TEACHING READING TO JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS (Cantrini Dita Algara, 2021)