STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP ISLAM TERPADU INSAN MADANI MEUKEK | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    NULL

STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP ISLAM TERPADU INSAN MADANI MEUKEK


Pengarang

MAHMUDI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1709200050036

Fakultas & Prodi

Fakultas Pasca Sarjana / Administrasi Pendidikan (S2) / PDDIKTI : 86104

Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.201 2

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN
MUTU PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN
AGAMA ISLAM DI SMP ISLAM TERPADU
INSAN MADANI MEUKEK

Oleh : Mahmudi
NPM : 1709200050036

Komisi Pembimbing:
1. Prof.Dr. Cut Zahri Harun, M.Pd.
2. Dr. Bahrun, M. Pd.

ABSTRAK

Keberhasilan suatu lembaga pendidikan sangat tergantung pada strategi kepemimpinan kepala sekolah untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam, meliputi: (1) Program Kepala Sekolah; (2) Strategi Kepala Sekolah; dan (3) Hambatan yang dihadapinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui: wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah: Kepala Sekolah, Guru PAI dan Pengawas di SMP Islam Terpadu Insan Madani Meukek. Hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) Program Kepala Sekolah untuk meningkatkan mutu guru PAI dalam merencanakan pembelajaran, di antaranya: menyusun silabus dan RPP, program tahunan dan semesteran, menentukan waktu efektif, dan menentukan KKM sebagai patokan penentuan kenaikan kelas. Sedangkan kemampuan dalam melaksanakan pembelajaran, meliputi: membuka pembelajaran, menguasai bahan ajar, pengelolaan kelas, menggunakan media, metode dan sumber belajar, dan menutup pembelajaran. Selanjutnya, kemampuan dalam menilai pembelajaran yaitu: merencanakan penilaian, merumuskan instrumen, melaksanakan penilaian, memeriksa dan melaporkan hasil penilaian; (2) Strategi Kepala Sekolah dalam meningkatkan Kedisiplinan guru PAI dalam pembelajaran, yaitu: hadir dan mengajar tepat waktu, mematuhi segala peraturan dan tata tertib sekolah, menumbuhkan budaya malu bila melanggar peraturan, dan menyusun perangkat pembelajaran dengan berpedoman pada silabus; dan (3) Hambatan yang dihadapi dalam meningkatkan kemampuan mengajarnya yaitu: kesulitan dalam penyusun perencanaan pembelajaran, dan biasanya hanya copy paste dari guru dan sekolah lain, sedangkan dalam mendisiplinkan diri sering terlambat hadir ke sekolah dan sulit mengelola kelas dengan baik, sehingga menimbulkan suasana kelas jadi ribut. Diharapkan kepada kepala sekolah supaya dapat mengaktifkan kembali forum MGMP dan mengikutsertakan guru dalam kegiatan pelatihan, sehingga kemampuan, kedisiplinan, dan hambatan dalam pembelajaran dapat diatasinya.

Kata Kunci: Strategi Kepala Sekolah dan Mutu Pembelajaran

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK