IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN EXPERIENTAL LEARNING BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI EKOSISTEM DI MTSN 4 ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    NULL

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN EXPERIENTAL LEARNING BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI EKOSISTEM DI MTSN 4 ACEH BESAR


Pengarang

Khairati - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1806203010011

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Biologi (S2) / PDDIKTI : 84105

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Rendahnya hasil belajar peserta didik dapat dipicu oleh pembelajaran yang kurang mendukung, guru yang masih menggunakan metode ceramah membuat peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran dan memungkinkan tidak tercapainya KKM. Pembelajaran Experiental learning mampu melibatkan peserta didik untuk aktif dalam pembelajaran dan menjadikan pengalaman sebagai dasar pembelajaran, terutama pada pembelajaran terkait dengan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi perbedaan peningkatan hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi ekosistem di MTsN 4 Aceh Besar dengan implementasi pembelajaran Experiential Learning berbasis STEM. Instrument tes untuk menilai hasil belajar yaitu soal tes objektif pilihan ganda dan untuk keterampilan berpikir kritis yaitu pilihan ganda beralasan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan One Group Pretest-Postets design. Analisis data menggunakan uji One Simple t-test pada taraf signifikan 0,05. Hasil uji One Simple t-test untuk hasil belajar diperoleh Sig. (0,00) < (0,05), dengan Gain 78,99% dengan kategori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar dengan implementasi pembelajaran Experiental Learning berbasis STEM pada materi ekosistem di MTsN 4 Aceh Besar. Hasil uji One Simple t-test keterampilan berpikir kritis peserta didik diperoleh Sig. (0,00) < (0,05), menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik yang signifikan dengan implementasi pembelajaran Experiental Learning berbasis STEM pada materi ekosistem di MTsN 4 Aceh Besar.
Kata kunci : Experiental Learning, STEM, Hasil Belajar, Berpikir Kritis,Ekosoistem

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK