Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
NULL
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN EXPERIENTAL LEARNING BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI EKOSISTEM DI MTSN 4 ACEH BESAR
Pengarang
Khairati - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1806203010011
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Biologi (S2) / PDDIKTI : 84105
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Rendahnya hasil belajar peserta didik dapat dipicu oleh pembelajaran yang kurang mendukung, guru yang masih menggunakan metode ceramah membuat peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran dan memungkinkan tidak tercapainya KKM. Pembelajaran Experiental learning mampu melibatkan peserta didik untuk aktif dalam pembelajaran dan menjadikan pengalaman sebagai dasar pembelajaran, terutama pada pembelajaran terkait dengan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi perbedaan peningkatan hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi ekosistem di MTsN 4 Aceh Besar dengan implementasi pembelajaran Experiential Learning berbasis STEM. Instrument tes untuk menilai hasil belajar yaitu soal tes objektif pilihan ganda dan untuk keterampilan berpikir kritis yaitu pilihan ganda beralasan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan One Group Pretest-Postets design. Analisis data menggunakan uji One Simple t-test pada taraf signifikan 0,05. Hasil uji One Simple t-test untuk hasil belajar diperoleh Sig. (0,00) < (0,05), dengan Gain 78,99% dengan kategori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar dengan implementasi pembelajaran Experiental Learning berbasis STEM pada materi ekosistem di MTsN 4 Aceh Besar. Hasil uji One Simple t-test keterampilan berpikir kritis peserta didik diperoleh Sig. (0,00) < (0,05), menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik yang signifikan dengan implementasi pembelajaran Experiental Learning berbasis STEM pada materi ekosistem di MTsN 4 Aceh Besar.
Kata kunci : Experiental Learning, STEM, Hasil Belajar, Berpikir Kritis,Ekosoistem
Tidak Tersedia Deskripsi
PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X MAS DARUL IHSAN (SUSI YANTI, 2021)
IMPLEMENTASI MODUL BERBASIS SAINTIFIK DIPADUKAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SEL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS,MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMAN ACEH BARAT DAYA (SORAYA ULFAH, 2020)
PEMANFAATAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS LEARNING CYCLE 7E PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMAN 1 SAMALANGA (Nurfida Jufra, 2017)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ICARE DIPADU MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS KONSTRUKTIVISME PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Liza Utami, 2021)
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DIPADU DENGAN LKPD BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMA NEGERI KABUPATEN BIREUEN (Zainatul Hasanah, 2020)