Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
NULL
KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN KONTEKS ISLAMI PADA MATERI DESIMAL
Pengarang
SAFINATUNNAJA - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1706203020010
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S2) / PDDIKTI : 84102
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Safinatunnaja (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa melalui Pendekatan Matematika Realistik dengan Konteks Islami pada Materi Desimal
Bilangan desimal merupakan materi pelajaran yang sulit dipahami oleh siswa sekolah dasar. Pecahan dan desimal dipandang siswa sebagai dua hal yang berbeda, sehingga siswa sulit memahami bahwa ¼ sama dengan 0,25. Berdasarkan hal tersebut pemebelajaran pecahan desimal sebaiknya dihubungkan dengan pengalaman nyata yang dekat dengan kehidupan siswa agar pembelajaran menjadi lebih bermakna bagi siswa, sehingga mereka dapat mencapai pada pemahaman yang mendalam. Salah satu usaha yang perlu dilakukan untuk meningkatkan pemahaman konsep pecahan desimal adalah dengan menggunakan pendekatan matematika realistik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep siswa melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik dengan konteks islami pada materi desimal. Penelitian ini merupakan mixed method dengan jenis sequential explanatory. Populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV B-2 SDIT Nurul Ishlah Banda Aceh. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen soal tes dan lembar pedoman wawancara. Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat sebanyak 84,72% siswa yang memenuhi indikator kemampuan menyatakan ulang sebuah konsep, 63,88% yang memenuhi indikator kemampuan menggunakan prosedur atau operasi tertentu dan indikator kemampuan memberikan contoh dan noncontoh, 72,22% memenuhi indikator kemampuan menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis dan terdapat 81,94% siswa yang memenuhi kemampuan menerapkan konsep secara algoritma. Secara keseluruhan, terdapat 75,56% siswa yang memiliki kemampuan pemahaman konsep yang baik. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pendekatan pendidikan matematika realistik dengan konteks islami membantu siswa dalam memahami konsep matematika.
Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep, Pendidikan Matematika Realistik (PMR), Konteks Islami, Bilangan Desimal.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN KONTEKS ISLAMI UNTUK MENDUKUNG KURIKULUM MERDEKA (Cut Nadia Rachmi, 2023)
KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN REALISTIK DENGAN KONTEKS ISLAMI DI KELAS VIII MTSN 5 PIDIE (MIFTAHUL JANNAH, 2021)
PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MATERI BILANGAN DESIMAL DI KELAS IV SD NEGERI 4 SIGLI KAB. PIDIE. (Arini septia ningsih, 2023)
RETENSI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN INTEGRASI NILAI ISLAMI DI MTSS ULUMUL QURAN PAGAR AIR (Aulia Rahman, 2021)
NOTICING (PERHATIAN) GURU PADA PEMBELAJARAN DESIMAL MELALUI VIDEO (INTAN SARI, 2017)