KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN KONTEKS ISLAMI PADA MATERI DESIMAL | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    NULL

KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN KONTEKS ISLAMI PADA MATERI DESIMAL


Pengarang

SAFINATUNNAJA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1706203020010

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S2) / PDDIKTI : 84102

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK


Safinatunnaja (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa melalui Pendekatan Matematika Realistik dengan Konteks Islami pada Materi Desimal


Bilangan desimal merupakan materi pelajaran yang sulit dipahami oleh siswa sekolah dasar. Pecahan dan desimal dipandang siswa sebagai dua hal yang berbeda, sehingga siswa sulit memahami bahwa ¼ sama dengan 0,25. Berdasarkan hal tersebut pemebelajaran pecahan desimal sebaiknya dihubungkan dengan pengalaman nyata yang dekat dengan kehidupan siswa agar pembelajaran menjadi lebih bermakna bagi siswa, sehingga mereka dapat mencapai pada pemahaman yang mendalam. Salah satu usaha yang perlu dilakukan untuk meningkatkan pemahaman konsep pecahan desimal adalah dengan menggunakan pendekatan matematika realistik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep siswa melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik dengan konteks islami pada materi desimal. Penelitian ini merupakan mixed method dengan jenis sequential explanatory. Populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV B-2 SDIT Nurul Ishlah Banda Aceh. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen soal tes dan lembar pedoman wawancara. Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat sebanyak 84,72% siswa yang memenuhi indikator kemampuan menyatakan ulang sebuah konsep, 63,88% yang memenuhi indikator kemampuan menggunakan prosedur atau operasi tertentu dan indikator kemampuan memberikan contoh dan noncontoh, 72,22% memenuhi indikator kemampuan menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis dan terdapat 81,94% siswa yang memenuhi kemampuan menerapkan konsep secara algoritma. Secara keseluruhan, terdapat 75,56% siswa yang memiliki kemampuan pemahaman konsep yang baik. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pendekatan pendidikan matematika realistik dengan konteks islami membantu siswa dalam memahami konsep matematika.

Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep, Pendidikan Matematika Realistik (PMR), Konteks Islami, Bilangan Desimal.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK