KEMAMPUAN SPASIAL SISWA MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALATIK (PMR) BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    NULL

KEMAMPUAN SPASIAL SISWA MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALATIK (PMR) BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA


Pengarang

KHAIRUL BUSYRA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1706203020022

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S2) / PDDIKTI : 84102

Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

510.7

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Khairul Busyra (2021). Kemampuan Spasial Siswa melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) berbantuan Software Geogebra
Abstrak:Kemampuan spasial merupakan salah satu kemampuan yang diperlukan dalam mempelajari geometri yang membutuhkan interpretasi informasi visual. Namun, kenyataan menunjukkan kemampuan spasial siswa tergolong kurang. Siswa kesulitan dalam mengkonstruksi dan menvisualisasikan bentuk bangun geometri, melalui pendekatan matematika realistik berbantuan software Geogebra diharapkan dapat menumbuhkembangkan kemampuan spasial siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasikan kemampuan spasial siswa melalui pendekatan pendidikan matematika realistik (PMR) berbantuan software Geogebra. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed method dengan jenis sequential explanatory. Sampel penelitian yaitu siswa kelas VIII-F Darul Ihsan Abu Krueng Kale Aceh Besar yang berjumlah 33 siswa. Instrumen penelitian yang dikumpulkan yaitu soal tes kemampuan spasial sebagai instrumen kuantitatif dan pedoman wawancara sebagai instrumen kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa berkemampuan spasial yang baik (63,63%) dan sebagian kecil siswa mempunyai kemampuan spasial yang tidak baik (36,36%). Sebagian kecil siswa yang memenuhi minimal tiga indikator memiliki kemampuan spasial yang hampir sama dengan sebagian besar siswa yang memenuhi setiap indikator spasial. Namun, siswa tersebut kesulitan merepresentasikan objek geometri, sedangkan siswa yang tidak memenuhi pada setiap indikator tergolong kurang karena belum mencapai kriteria kemampuan spasial yang baik. Implikasi penelitian ini perlu menindaklanjuti siswa yang berkemampuan spasial tidak baik untuk mengidentifikasikan kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan masalah spasial.

Kata Kunci: Kemampuan Spasial, Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR), softwrae Geogebra.





Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK