Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
NULL
KEMAMPUAN SPASIAL SISWA MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALATIK (PMR) BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA
Pengarang
KHAIRUL BUSYRA - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1706203020022
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S2) / PDDIKTI : 84102
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021
Bahasa
Indonesia
No Classification
510.7
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Khairul Busyra (2021). Kemampuan Spasial Siswa melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) berbantuan Software Geogebra
Abstrak:Kemampuan spasial merupakan salah satu kemampuan yang diperlukan dalam mempelajari geometri yang membutuhkan interpretasi informasi visual. Namun, kenyataan menunjukkan kemampuan spasial siswa tergolong kurang. Siswa kesulitan dalam mengkonstruksi dan menvisualisasikan bentuk bangun geometri, melalui pendekatan matematika realistik berbantuan software Geogebra diharapkan dapat menumbuhkembangkan kemampuan spasial siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasikan kemampuan spasial siswa melalui pendekatan pendidikan matematika realistik (PMR) berbantuan software Geogebra. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed method dengan jenis sequential explanatory. Sampel penelitian yaitu siswa kelas VIII-F Darul Ihsan Abu Krueng Kale Aceh Besar yang berjumlah 33 siswa. Instrumen penelitian yang dikumpulkan yaitu soal tes kemampuan spasial sebagai instrumen kuantitatif dan pedoman wawancara sebagai instrumen kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa berkemampuan spasial yang baik (63,63%) dan sebagian kecil siswa mempunyai kemampuan spasial yang tidak baik (36,36%). Sebagian kecil siswa yang memenuhi minimal tiga indikator memiliki kemampuan spasial yang hampir sama dengan sebagian besar siswa yang memenuhi setiap indikator spasial. Namun, siswa tersebut kesulitan merepresentasikan objek geometri, sedangkan siswa yang tidak memenuhi pada setiap indikator tergolong kurang karena belum mencapai kriteria kemampuan spasial yang baik. Implikasi penelitian ini perlu menindaklanjuti siswa yang berkemampuan spasial tidak baik untuk mengidentifikasikan kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan masalah spasial.
Kata Kunci: Kemampuan Spasial, Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR), softwrae Geogebra.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMA (Fajriati, 2017)
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN MINAT SISWA MELALUI REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBANTUAN GEOGEBRA DI SMP (Bahagia, 2022)
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA SMA (YUVERNI SELVY, 2018)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS TEORI VAN HIELE BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL SISWA MTSN MODEL BANDA ACEH (Hirma Melati, 2023)
PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP (Firaq Akbar, 2024)