PENGGUNAAN KOMIK MATEMATIKA UNTUK MENGEMBANGKAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS DAN KESADARAN SISWA SMP TERHADAP BENCANA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    NULL

PENGGUNAAN KOMIK MATEMATIKA UNTUK MENGEMBANGKAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS DAN KESADARAN SISWA SMP TERHADAP BENCANA


Pengarang

Yulinar Safitri - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1906203020004

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S2) / PDDIKTI : 84102

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Yulinar Safitri. 2021. Penggunaan Komik Matematika untuk Mengembangkan Kecerdasan Logis Matematis dan Kesadaran Siswa SMP terhadap Bencana.
Kecerdasan logis matematis dan kesadaran siswa terhadap bencana masih rendah sehingga perlu dikembangkan selama proses pembelajaran. Namun, pengintegrasian konteks kebencanaan dan penggunaan sumber belajar yang bervariasi belum maksimal dilaksanakan di sekolah. Strategi yang diharapkan dapat meningkatkan kecerdasan logis matematis dan kesadaran siswa terhadap bencana yaitu melalui penggunaan komik matematika dengan konteks kebencanaan. Tujuan penelitian ini untuk melihat peningkatan kecerdasan logis matematis dan kesadaran siswa SMP terhadap bencana melalui penggunaan komik matematika. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Banda Aceh dan SMPN 1 Peukan Bada dengan mengambil sampel dua kelas (eksperimen dan kontrol) di setiap sekolah secara random. Instrumen yang digunakan yaitu tes kecerdasan logis matematis dan angket kesadaran bencana. Uji statistik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji-t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa Penggunaan komik matematika dengan kondisi sekolah yang berbeda menghasilkan kecerdasan logis matematis yang berbeda. N-gain untuk kecerdasan logis siswa pada sekolah yang berada di pusat perkotaan berada pada kriteria sedang dan peningkatan kecerdasan logis matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan komik matematika lebih baik daripada siswa yang diajarkan tanpa menggunakan komik matematika. Sedangkan N-gain untuk kecerdasan logis matematis siswa di sekolah pedesaan berada pada kriteria rendah dan tidak terdapat perbedaan peningkatan kecerdasan logis matematis siswa yang diajarkan dengan komik matematika dengan siswa yang diajarkan tanpa menggunakan komik matematika. Namun, kecerdasan logis matematis siswa pada sekolah pedesaan di kelas eksperimen lebih baik pada tiga dari lima indikator yaitu penalaran, operasi hitung matematika, dan membandingkan daripada kelas kontrol. Penggunaan komik matematika dengan kondisi sekolah yang berbeda menghasilkan kesadaran bencana yang berbeda pula. N-gain kesadaran siswa terhadap bencana sekolah pusat perkotaan dan pedesaan berada pada kriteria rendah dan tidak terdapat perbedaan peningkatan kesadaran siswa terhadap bencana yang diajarkan dengan komik matematika dengan siswa yang diajarkan tanpa menggunakan komik matematika di sekolah pedesaan maupun perkotaan. Namun, kesadaran siswa terhadap bencana pada sekolah pusat perkotaan di kelas eksperimen lebih baik pada tiga dari empat indikator yaitu pre-disaster awareness, false disaster awareness, dan after disaster awareness daripada kelas kontrol. Sedangkan pada sekolah daerah pedesaan di kelas eksperimen lebih baik pada satu dari empat indikator yaitu disaster education awareness daripada kelas kontrol.

Kata Kunci: Komik Matematika, Kecerdasan Logis Matematis, Kesadaran Bencana

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK