Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
NULL
KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SETARA PISA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN
Pengarang
Azura Mawaddah - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1906203020008
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S2) / PDDIKTI : 84102
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021
Bahasa
Indonesia
No Classification
370.152
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Era revolusi industri 4.0 menuntut siswa untuk memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi, salah satunya yaitu kemampuan berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis sangat berpengaruh terhadap proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah. Namun, fakta menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa Indonesia masih sangat rendah. Selain itu, kemampuan berpikir kritis dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain tipe kepribadian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal setara PISA ditinjau dari tipe kepribadian. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di SMPN 6 Banda Aceh. Subjek penelitian ini diperoleh dari pemberian angket kepribadian Myers Briggs Type Indicator (MBTI) dan Eysenck Personality Inventory (EPI) kepada 100 siswa untuk dikategorikan ke dalam tipe kepribadian yaitu introvert dan ekstrovert. Berdasarkan skor tertinggi dari hasil angket kepribadian, pengamatan, serta rekomendasi dari ahli psikologi, terpilih dua siswa berkepribadian introvert dan dua siswa berkepribadian ekstrovert. Kemudian, keempat subjek penelitian tersebut diberikan tes dan dilanjutkan dengan wawancara untuk dianalisis lebih lanjut terkait kemampuan berpikir kritisnya. Data dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menyelesaikan soal soal setara PISA, kemampuan berpikir kritis siswa berkepribadian introvert lebih baik dibandingkan siswa berkepribadian ekstrovert. Oleh karena itu, diharapkan agar guru dapat lebih memperhatikan tipe kepribadian siswa dalam proses pembelajaran agar sesuai dengan cara berpikir siswa berdasarkan tipe kepribadiannya serta membiasakan pemberian soal-soal PISA kepada siswa-siswa di sekolah.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENGEMBANGAN SOAL SETARA PISA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA (T. MARWANDA, 2017)
KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL SETARA PISA DI KELAS IX MTSN MODEL BANDA ACEH. (Muhammad Hidayat, 2017)
PENGEMBANGAN SOAL KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SETARA PISA MENGGUNAKAN KONTEKS RUMAH ADAT ACEH UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (ULIYATUL USNUL, 2019)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DEEP DIALOGUE CRITICAL THINKING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA SMA NEGERI 1 SAWANG (RIVA HUSNIL HARTINAH, 2024)
PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA SETARA PISA LEVEL 1 SAMPAI 3 (HARIS HIDAYAT ISMAIL, S. PD, 2019)