PENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KOMPONEN EKOSISTEM DI KELAS V SD NEGERI BAKTIYA BARAT ACEH UTARA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    NULL

PENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KOMPONEN EKOSISTEM DI KELAS V SD NEGERI BAKTIYA BARAT ACEH UTARA


Pengarang

Rauzatul Jannah - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1606104040035

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.33

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian ini berjudul pengaruh model jigsaw terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 5 Baktiya Barat Aceh Utara. Permasalahan dalam penelitian ini adalah guru sering menggunakan metode ceramah dalam menyampaikan pembelajaran sehingga siswa pasif ketika kegiatan belajar berlangsung. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model jigsaw terhadap hasil belajar ipa siswa kelas V SD Negeri 5 Baktiya Barat Aceh Utara.
Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiannya yaitu pre-experimental dengan desain One Group Pretest- Posttest. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 5 Baktiya Barat Aceh Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 5 Baktiya Barat yang berjumlah 31 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dalam bentuk pretest dan posttest, sedangkan teknik analisis data menggunakan nilai rata-rata, deviasi pretest posttest, dan pengujian hipotesis menggunaan statistik uji-t.
Data diolah melalui statistik uji-t pada taraf signifikan ? = 0,05. Hasil pengujian hipotesis uji-t diperoleh thitung sebesar 7,83 lebih besar dari ttabel sebesar 1,69 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasar uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model jigsaw terhadap hasil belajar ipa siswa kelas V SD Negeri 5 Baktiya Barat Aceh Utara.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK