Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
NULL
PELAKSANAAN KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR MENJELASKAN PEMBELAJARAN OLEH GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA 7 SUBTEMA 2 KELAS V SD NEGERI 53 BANDA ACEH
Pengarang
Nida Ihya Ulhaq - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1706104040001
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Ulhaq, Nida Ihya. 2021. Pelaksanaan Keterampilan Dasar Mengajar Menjelaskan
Pembelajaran Oleh Guru Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Tema 7
Subtema 2 Kelas V SD Negeri 53 Banda Aceh. Skripsi, jurusan Pendidikan
Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Syiah Kuala.
Pembimbing:
(1) Dra. Nurhaidah, M.Pd
(2) Drs. M.Yamin, M.Ed
Kata Kunci: Pelaksanaan, Keterampilan Menjelaskan, Hasil belajar
Keterampilan menjelaskan merupakan keterampilan menyajikan informasi
secara lisan yang diorganisasi secara sistematis untuk menunjukkan adanya hubungan
antara satu bagian dengan bagian yang lainnya. Rumusan masalah penelitian ini yaitu
bagaimana pelaksanaan keterampilan menjelaskan pembelajaran oleh guru terhadap
hasil belajar peserta didik di kelas Va SD Negeri 53 Banda Aceh?. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan keterampilan menjelaskan guru dalam
pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik pada kelas Va SD Negeri 53 Banda
Aceh.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif
dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber datanya adalah peserta didik dan guru yang
berjumlah 27 orang di SD Negeri 53 Banda Aceh. Teknik pengumpulan data yang
digunakan penelitian ini adalah menggunakan teknik observasi, wawancara, dan tes.
Seluruh data hasil obserasi, wawancara, dan tes di olah melalui tahap analisis data
yaitu, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan di SD Negeri 53 Banda Aceh,
menunjukkan bahwa pelaksanaan keterampilan menjelaskan pembelajaran sudah
diterapkan oleh guru sepenuhnya sesuai dengan komponennya. Akan tetapi, guru
jarang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk melakukan balikan
terhadap pembelajaran yang sudah berlangsung. Berdasarkan nilai KKM yang
tetapkan di SD Negeri 53 banda Aceh, hanya 9 peserta didik yang mencapai kategori
ketuntasan, sedangkan 17 peserta didik lainnya belum mencapai ketuntasan. Oleh
karena itu, pelaksanaan keterampilan menjelaskan pembelajaran oleh guru tidak
selamanya berdampak pada hasil belajar peserta didik.
Tidak Tersedia Deskripsi
PELAKSANAAN KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR MENJELASKAN PEMBELAJARAN OLEH GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA 7 SUBTEMA 2 KELAS V SD NEGERI 53 BANDA ACEH (Nida Ihya Ulhaq, 2021)
PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA TEMA 8 LINGKUNGAN SAHABAT KITA SUBTEMA 3 USAHA PELESTARIAN LINGKUNGAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS V SD NEGERI 26 BANDA ACEH (Sumarniati Desky, 2019)
PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA 6 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN KE 2 KELAS III SD NEGERI 26 BANDA ACEH (Nia Sabrina, 2019)
PENGEMBANGAN KETERAMPILAN MOTORIK KASAR OLEH GURU KELAS II PADA PEMBELAJARAN SBDP TEMA 1 SUB TEMA 2 PB 1 DI SD NEGERI 5 BANDA ACEH (TAQWA WINANDA NS, 2021)
KEMAMPUAN PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN KATA PENGHUBUNG DALAM KARANGAN DESKRIPSI PADA RNTEMA 1 SUBTEMA 2 PB 2 KELAS V SD NEGERI 40 RNBANDA ACEH (Devi Ratnasari, 2022)