Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA POKOK BAHASAN LISTRIK DINAMIS SISWA SMA N 1 DARUL IMARAH ACEH BESAR
Pengarang
Zaini Fuza - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
0806103070012
Fakultas & Prodi
Fakultas / / PDDIKTI :
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2014
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.3
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Kata Kunci: Model EPA, hasil belajar siswa
Apakah penerapan model pembelajaran EPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar?. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul “Penerapan Model Pembelajaran EPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pokok Bahasan Listrik Dinamis Siswa SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar”. Dalam penelitian ini mengangkat masalah: (1) bagaimana aktivitas guru dan siswa pada pembelajaran fisika dengan menerapkan model EPA di SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar; (2) bagaimana ketrampilan guru dalam mengelola pembelajaran fisika dengan menerapkan model EPA di SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar; (3) apakah model EPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar; dan (4) bagaimanakah respons siswa terhadap penerapan model EPA di SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) aktivitas guru dan siswa pada pembelajaran fisika dengan penerapan model EPA di SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar; (2) ketrampilan guru dalam mengelola pembelajaran fisika dalam penerapan model EPA di SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar; (3) peningkatan hasil belajar fisika dengan penerapan model EPA di SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar; dan (4) respon siswa terhadap penerapan model EPA di SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X3 SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar yang berjumlah 26 siswa. Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase (%). Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data disimpulkan bahwa: (1) aktivitas guru dan siswa sudah mencerminkan model EPA dalam pembelajaran di kelas X3 SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar; (2) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran pada 2 siklus mengalami peningkatan dari kriteria baik ke kriteria baik sekali; (3) ketuntasan individual meningkat dari skor rata-rata 83,46 pada siklus I menjadi 91,15 pada siklus II. Ketuntasan klasikal meningkat dari 60% pada siklus I menjadi 90% pada siklus II; dan (4) respons siswa terhadap model pembelajaran EPA siswa sangat senang.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI SMA NEGERI 1 DARUL IMARAH ACEH BESAR (KARIMA HAYATI ISMAN SYAHPUTRA, 2019)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BASED LEARNING PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 DARUL IMARAH (Widia Merjia Rova, 2016)
UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KONSEP RANGKAIAN LISTRIK ARUS SEARAH DENGAN MENGGUNAKAN KIT FISIKA PADA SISWA SMA NEGERI 4 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2004/2005 (Nurjannah, 2021)
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS GOOGLE SITES MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMAN 1 DARUL IMARAH (Faraz Rizky Amelia, 2024)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHINGRNUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA RNMATA PELAJARAN FISIKA KELAS VIII3 MTSN RNBANDA ACEH (Siti Nurjihan, 2015)