PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA POKOK BAHASAN LISTRIK DINAMIS SISWA SMA N 1 DARUL IMARAH ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA POKOK BAHASAN LISTRIK DINAMIS SISWA SMA N 1 DARUL IMARAH ACEH BESAR


Pengarang

Zaini Fuza - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0806103070012

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK


Kata Kunci: Model EPA, hasil belajar siswa

Apakah penerapan model pembelajaran EPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar?. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul “Penerapan Model Pembelajaran EPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pokok Bahasan Listrik Dinamis Siswa SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar”. Dalam penelitian ini mengangkat masalah: (1) bagaimana aktivitas guru dan siswa pada pembelajaran fisika dengan menerapkan model EPA di SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar; (2) bagaimana ketrampilan guru dalam mengelola pembelajaran fisika dengan menerapkan model EPA di SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar; (3) apakah model EPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar; dan (4) bagaimanakah respons siswa terhadap penerapan model EPA di SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) aktivitas guru dan siswa pada pembelajaran fisika dengan penerapan model EPA di SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar; (2) ketrampilan guru dalam mengelola pembelajaran fisika dalam penerapan model EPA di SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar; (3) peningkatan hasil belajar fisika dengan penerapan model EPA di SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar; dan (4) respon siswa terhadap penerapan model EPA di SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X3 SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar yang berjumlah 26 siswa. Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase (%). Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data disimpulkan bahwa: (1) aktivitas guru dan siswa sudah mencerminkan model EPA dalam pembelajaran di kelas X3 SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar; (2) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran pada 2 siklus mengalami peningkatan dari kriteria baik ke kriteria baik sekali; (3) ketuntasan individual meningkat dari skor rata-rata 83,46 pada siklus I menjadi 91,15 pada siklus II. Ketuntasan klasikal meningkat dari 60% pada siklus I menjadi 90% pada siklus II; dan (4) respons siswa terhadap model pembelajaran EPA siswa sangat senang.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK