Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VIII-1 SMP NEGERI 2 SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN
Pengarang
Hidayah - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1206103150001
Fakultas & Prodi
Fakultas / / PDDIKTI :
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2014
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.3
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model PBL, Sistem Pencernaan Manusia.
Telah dilakukan penelitian sejak bulan oktober sampai maret 2014 dengan judul Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) pada Materi Sistem Pencernaan Manusia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas VIII-1 SMP Negeri 2 Sawang Kabupaten Aceh Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dan mengetahui aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam pembelajaran Biologi dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) di kelas VIII-1 SMP Negeri 2 Sawang Kabupaten Aceh Selatan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMPN 2 Sawang Aceh Selatan dengan jumlah siswa sebanyak 21 orang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan non tes, alat yang digunakan adalah lembar observasi, dan soal tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan model Problem Based Learning pada materi sistem pencernaan manusia di kelas VIII-1 SMPN 2 Sawang dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I sebanyak 66,67% meningkat menjadi 85,71% pada siklus II. Aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I dikategorikan baik, aktivitas siswa dalam pembelajaran siklus I dikategorikan cukup. Aktivitas guru pada siklus II secara keseluruhan dikategorikan baik sekali, dan aktivitas siswa pada siklus II dikategorikan baik. Kesimpulannya adalah penerapan model PBL dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 85,71%, demikian juga dengan aktivitas guru dan aktivitas siswa dikategorikan baik sekali dalam pembelajaran sistem pencernaan manusia.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SISTEM RESPIRASI MANUSIA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA DARI BAHAN SEDERHANA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMAN 7 BANDA ACEH (Lidya Sri Rizki, 2014)
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS XI MAN BLANGPIDIE (Samsulimi, 2017)
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMP NEGERI 2 KUTA BARO (Vira Afrinanda, 2015)
HASIL BELAJAR PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI SMPN 1 SIMPANG KIRI KOTA SUBULUSSALAM (Istiqamah, 2024)
PENGARUH AKTIVITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI INTEGRAL TAK TENTU FUNSI ALAJABAR DI KELAS XI SMA LABORATORIUM UNSYIAH (Fitria Rahmita Sari, 2016)