KEBIJAKAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MASA PANDEMI COVID 19 DI MTSN 1 NAGAN RAYA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    NULL

KEBIJAKAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MASA PANDEMI COVID 19 DI MTSN 1 NAGAN RAYA


Pengarang

Erna Yusnita - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1909200050016

Fakultas & Prodi

Fakultas Pasca Sarjana / Administrasi Pendidikan (S2) / PDDIKTI : 86104

Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.201 2

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

KEBIJAKAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MASA PANDEMI COVID 19
DI MTsN 1 NAGAN RAYA

Oleh : Erna Yusnita
NPM : 1909200050016

Komisi Pembimbing:
1. Prof. Dr. Yusrizal, M. Pd.
2. Dr. Khairuddin, M. Pd.

ABSTRAK

Adanya pandemi covid-19 mengharuskan lembaga pendidikan menerapkan pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran jarak jauh yang relatif baru bagi dunia pendidikan mengharuskan banyak perubahan dalam menyesuaikan pembelajaran di masa pandemi. Kebijakan seorang pemimpin sangatlah berpengaruh terhadap keberhasilan pembelajaran pada masa pandemi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan kendala program Kepala MTsN 1 Nagan Raya dalam meningkatkan pembelajaran pada masa pandemi. Metode pengumpulan data menggunakan metode kualitatif dan teknik pengumpulan data melalui: observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah Kepala sekolah, wakil Kepala sekolah, Komite sekolah, guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) perencanaan program dirumuskan dengan upaya memaksimalkan sumber daya belajar, memilih media belajar yang akan digunakan seperti WhatsApp. Pembelajaran daring dirumuskan dengan menentukan jadwal dan materi yang akan diberikan kepada siswa melalui WhatsApp untuk semua angkatan kelas. Pembelajaran luring di rumuskan dengan pembagian shif belajar tatap muka. Pembelajaran portopolio dengan menetukan jadwal pembagian dan pengembalian tugas. 2) Pelaksanaan program daring dengan melaksanakan pembelajaran melalui aplikasi WhatsApp berupa pemberian materi baik dengan video singkat atau ringkasan materi. Pembelajaran Luring dengan membagi shif A dan shif B setiap angkatan kelas dan dengan mematuhi protokol kesehatan seperti menjaga jarak dan memakai masker. Pembelajaran portopolio dengan memberi tugas melalui WhatsApp dan dikumpulkan pada hari sabtu. 3) Kendala yang dihadapi Kepala sekolah adalah kesiapan guru dalam mengoperasikan media belajar jarak jauh, masalah jaringan yang kurang stabil serta keadaan murid yang tidak seluruhnya memiliki HP untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh.

Kata Kunci: Kebijakan, Pembelajaran Masa Pandemi

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK