Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
NULL
KEBIJAKAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MASA PANDEMI COVID 19 DI MTSN 1 NAGAN RAYA
Pengarang
Erna Yusnita - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1909200050016
Fakultas & Prodi
Fakultas Pasca Sarjana / Administrasi Pendidikan (S2) / PDDIKTI : 86104
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.201 2
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
KEBIJAKAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MASA PANDEMI COVID 19
DI MTsN 1 NAGAN RAYA
Oleh : Erna Yusnita
NPM : 1909200050016
Komisi Pembimbing:
1. Prof. Dr. Yusrizal, M. Pd.
2. Dr. Khairuddin, M. Pd.
ABSTRAK
Adanya pandemi covid-19 mengharuskan lembaga pendidikan menerapkan pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran jarak jauh yang relatif baru bagi dunia pendidikan mengharuskan banyak perubahan dalam menyesuaikan pembelajaran di masa pandemi. Kebijakan seorang pemimpin sangatlah berpengaruh terhadap keberhasilan pembelajaran pada masa pandemi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan kendala program Kepala MTsN 1 Nagan Raya dalam meningkatkan pembelajaran pada masa pandemi. Metode pengumpulan data menggunakan metode kualitatif dan teknik pengumpulan data melalui: observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah Kepala sekolah, wakil Kepala sekolah, Komite sekolah, guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) perencanaan program dirumuskan dengan upaya memaksimalkan sumber daya belajar, memilih media belajar yang akan digunakan seperti WhatsApp. Pembelajaran daring dirumuskan dengan menentukan jadwal dan materi yang akan diberikan kepada siswa melalui WhatsApp untuk semua angkatan kelas. Pembelajaran luring di rumuskan dengan pembagian shif belajar tatap muka. Pembelajaran portopolio dengan menetukan jadwal pembagian dan pengembalian tugas. 2) Pelaksanaan program daring dengan melaksanakan pembelajaran melalui aplikasi WhatsApp berupa pemberian materi baik dengan video singkat atau ringkasan materi. Pembelajaran Luring dengan membagi shif A dan shif B setiap angkatan kelas dan dengan mematuhi protokol kesehatan seperti menjaga jarak dan memakai masker. Pembelajaran portopolio dengan memberi tugas melalui WhatsApp dan dikumpulkan pada hari sabtu. 3) Kendala yang dihadapi Kepala sekolah adalah kesiapan guru dalam mengoperasikan media belajar jarak jauh, masalah jaringan yang kurang stabil serta keadaan murid yang tidak seluruhnya memiliki HP untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh.
Kata Kunci: Kebijakan, Pembelajaran Masa Pandemi
Tidak Tersedia Deskripsi
STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SD T. NYAK ARIF FATIH BILINGUAL SCHOOL (Zakianti, 2021)
MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM PENERAPAN PROSES PEMBELAJARAN MASA PANDEMI COVID-19 PADA SLB NEGERI DI KABUPATEN PIDIE (Musliadi, 2021)
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAGI ANAK USIA DINI SAAT MASA PANDEMI COVID-19 DI TKIT BAITUSSALIHIN ULEE KARENG KOTA BANDA ACEH (Nanda Habibah, 2021)
STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMPN 1 MEUREUDU DAN SMPN 1 MEURAH DUA PIDIE JAYA (Fadhilah, 2022)
EFEKTIVITAS SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMPN KOTA BANDA ACEH (Ellyta, 2021)