Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
NULL
KEPEMIMPINAN TRASFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KINERJA GURU PADA SD KOTA BANDA ACEH
Pengarang
Mizanna - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1909200050026
Fakultas & Prodi
Fakultas Pasca Sarjana / Administrasi Pendidikan (S2) / PDDIKTI : 86104
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH
DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KINERJA GURU
PADA SD KOTA BANDA ACEH
Oleh : Mizanna
NPM : 1909200050026
Komisi Pembimbing :
1. Prof. Dr. Cut Zahri Harun, M. Pd.
2. Dr. Nasir Usman, M. Pd.
ABSTRAK
Kepemimpinan transformasional kepala sekolah merupakan salah satu faktor penting dalam meningkatkan motivasi kinerja guru di sekolah, sehingga kualitas proses belajar mengajar akan tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mendapat gambaran tentang gaya kepemimpinan, strategi dan hambatan kepala sekolah dalam pelaksanaan model kepemimpinan transformasional dalam meningkatkan motivasi kinerja guru pada SD Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan pengawas sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Gaya kepemimpinan yang digunakan kepala sekolah menunjukkan ciri implementasi kepemimpinan transformasional kepala sekolah, idealisasi pengaruh yaitu kepala sekolah menjadi teladan, motivasi inspirasional yaitu membangkitkan semangat guru, konsiderasi individual yaitu memberi penghargaan kepada guru dan stimulasi intelektual yaitu mengikutsertakan guru dalam pelatihan; (2) Strategi kepemimpinan yang dilakukan kepala sekolah dengan membuat komitmen kerja, mengaktifkan KKG, memberikan penghargaan, keteladanan, kebebasan berpendapat dan kekeluargaan, pengadaan sarana prasarana, mengikuti pelatihan dan kunjungan kelas; dan (3) Hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan kepemimpinan transformasional dalam meningkatkan motivasi kerja guru di sekolah adalah kurang intensifnya kepala sekolah dalam mengingatkan visi dan misi sekolah, kurangnya mendalam mengenal karakteristik guru, belum maksimalnya supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah dan masih kurangnya menggunakan simbol dalam mensosialisasikan visi dan misi sekolah
Kata kunci: Kepemimpinan Transformasional, dan Motivasi Kerja.
Tidak Tersedia Deskripsi
KEPEMIMPINAN TRASFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KINERJA GURU PADA SD KOTA BANDA ACEH (Mizanna, 2021)
KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA GURU PADA SMALB YPPC DAN SMALB BUKESRA BANDA ACEH (HENI EKAWATI, 2018)
PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI SMA NEGERI 7 BANDA ACEH (Firmawati, 2016)
KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU SMK NEGERI 2 BANDA ACEH (Safrida, 2014)
GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU PADA SMP NEGERI 1 WIH PESAM BENER MERIAH (Hasan Munir, 2018)