Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
NULL
SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PADA SD GUGUS 35 KABUPATEN ACEH BESAR
Pengarang
Sri Afriani - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1909200050030
Fakultas & Prodi
Fakultas Pasca Sarjana / Administrasi Pendidikan (S2) / PDDIKTI : 86104
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.203
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PADA
SD GUGUS 35 KABUPATEN ACEH BESAR
Oleh: Sri Afriani
NPM: 1909200050030
Komisi Pembimbing:
1. Prof. Dr. Yusrizal, M. Pd.
2. Dr. Drs. Niswanto, M. Pd.
ABSTRAK
Supervisi akademik penting untuk dilakukan karena merupakan fungsi kepala sekolah yang berkenaan dengan aspek pelaksanaan tugas pembinaan, pemantauan, penilaian dan pelatihan profesional guru. Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan gambaran tentang implementasi program supervisi akademik kepala sekolah untuk meningkatkan mutu pembelajaran pada SD Gugus 35 Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Program supervisi akademik pada SD Gugus 35 Kabupaten Aceh Besar disusun pada rapat guru di awal tahun ajaran dengan disesuaikan dengan kondisi riil di masing-masing sekolah. Program yang disusun berupa supervisi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kinerja dan kemampuan guru dalam merancang dan melaksanakan PBM agar kualitas pembelajaran dapat meningkat; (2) Implementasi program supervisi akademik pada SD Gugus 35 Kabupaten Aceh Besar dilakukan melalui tiga tahapan yaitu pertemuan pra-observasi, observasi kelas dan pertemuan Pasca-observasi. Kepala sekolah melaksanakan supervisi akademik menggunakan pendekatan kolaboratif serta teknik individual yaitu dengan kunjungan kelas dan teknik kelompok yaitu melalui rapat dewan guru; (3) Tindak lanjut yang dilakukan oleh kepala sekolah pada SD Gugus 35 Kabupaten Aceh Besar yaitu dengan menganalisis dan mengevaluasi hasil observasi secara berkesinambungan; (4) Hambatan yang dialami oleh kepala sekolah pada SD Gugus 35 Kabupaten Aceh Besar dalam meningkatkan mutu pembelajaran di antaranya adalah keterbatasan waktu yang dimiliki kepala sekolah, tidak terlibatnya guru dan wakil kepala sekolah sebagai supervisor dan ketidaksiapan guru untuk disupervisi.
Kata Kunci: Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Mutu Pembelajaran
Tidak Tersedia Deskripsi
SUPERVISI AKADEMIK OLEH KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU SD NEGERI 66 BANDA ACEH (NURUL AINIE, 2018)
SUPERVISI AKADEMIK KEPALASEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONAL GURU DISMA NEGERI I BLANG PIDIE (Jalisal Efendi, 2017)
SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MANAJEMEN PEMBELAJARAN GURU PADA SD NEGERI PASI RAWA GUGUS II KECAMATAN KOTA SIGLI KABUPATEN PIDIE (RAHMANIAR, 2018)
IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH BERBASIS KOLABORASI DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DI PESANTREN MUAMALAT SOLIDARITY BOARDING SCHOOL KABUPATEN ACEH BESAR (Irma Suryani, 2024)
PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN RNDI SD NEGERI KECAMATAN BABAHROT KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (Muhammad Adli, 2024)