Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
NULL
PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS POWTOON PADA PEMBELAJARAN PPKN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS IV SD NEGERI 51 BANDA ACEH
Pengarang
FEMMY AULIA DAMAYANTI MARPAUNG - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1706104040037
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Marpaung. Femmy Aulia Damayanti. 2021. Pengembangan Media Audio Visual
Berbasis Powtoon Pada Pembelajaran PPKn Untuk meningkatkan Hasil
Belajar Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 51 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Syiah Kuala, Pembimbing:
(1). Dr. Intan Safiah, S.Ag. M.Pd
(2). Drs Said Darnius, M.Si
Kata Kunci: media audio visual, powtoon, ppkn, hasil belajar
Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan media audio visual
berbasis Powtoon pada pembelajaran PPKn, untuk meningkatkan hasil belajar
peserta didik kelas IV SD Negeri 51 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk
mengembangkan media audio visual berbasis Powtoon pada pembelajaran PPKn.
Media ini dapat dijadikan bahan ajar yang menarik dan sesuai dengan perkembangan
pada masa ini.
Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan (research and
development/R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang memiliki 5 tahap
pengembangan yaitu Analysis (analisis) yaitu mengklasifikasikan permasalahan yang
dihadapi sekolah berkaitan dengan media pembelajaran, Design (perancangan) terdiri
dari perancangan desain media, Development (Pengembangan) terdiri dari
pengembangan media audio visual berbasis Powtoon dan validasi ahli materi dan
media, Implementation (penerapan) terdiri dari uji coba media terhadap peserta didik
dengan kelompok kecil dan kelompok besar, dan evaluation (evaluasi) mengukur
hasil belajar dari media audio visual berbasis Powtoon. Dalam penelitian ini yang
menjadi populasi seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 48 orang yang terdapat di
SD Negeri 51 Banda aceh, yang terdiri dari IV-A dan IV-B. Sampel penlitian ini
adalah kelas IV-A yang berjumlah 26 orang. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini mengunakan angket yang diberikan ke ahli media dan materi dan tes
hasil belajar yang berupa pilihan ganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media audio visual berbasis Powtoon
layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran, hal ini bedasarkan hasil validasi ahli
media dan validasi ahli materi dikategorikan valid dikaji dengan ahli media dan
materi. Sehingga pengembangan media audio visual berbasis Powtoon dapat
meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 51 Banda Aceh.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENGGUNAAN MEDIA VIDEO BERBASIS POWTOON PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MAN 4 ACEH BESAR (Azkiaur Rafiqa, 2024)
PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA TEMA 8 LINGKUNGAN SAHABAT KITA SUBTEMA 3 USAHA PELESTARIAN LINGKUNGAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS V SD NEGERI 26 BANDA ACEH (Sumarniati Desky, 2019)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 12 BANDA ACEH (Cut Khairul Rizqa, 2020)
PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA 8 DAN SUBTEMA 1 KELAS III SD NEGERI PANTE KAREUNG ACEH BESAR (Agus Mauliza, 2020)
PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASILRNBELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SIKLUSRNAIR DI KELAS V SD NEGERI 1 CALANG RNKABUPATEN ACEH JAYA (NOVA REFINA, 2022)