PENGEMBANGAN MEDIA CHEMOPOLY GAME PADA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI KOLOID KELAS XI DI SMAN 1 PEUKAN BADA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGEMBANGAN MEDIA CHEMOPOLY GAME PADA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI KOLOID KELAS XI DI SMAN 1 PEUKAN BADA


Pengarang

Farah Meutia - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1006103040078

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Kimia (S1) / PDDIKTI : 84204

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

540.7

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Kata Kunci:Pengembangan media chemopoly game, koloid

Penelitian yang berjudul “Pengembangan Media Chemopoly Game Pada Pembelajaran Kimia Materi Koloid Kelas XI di SMAN 1 Peukan Bada” bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan media, aktivitas siwa, dan tanggapan siswa dan guru terhadap media chemopoly game. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan desain pengembangan ADDIE, yaitu (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, dan (5) Evaluation dengan menggunakan metode kualitatif.Uji coba penelitian dilakukan di SMAN 1 Peukan Bada yang dilakukan di kelas XI IA 1 dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media chemopoly game mendapatkan validitas dengan kelayakan aspek format media 100%, aspek visual 93,75%, aspek fungsi/kualitas media 84,37%, dan aspek kejelasan media dalam penyajian konsep 100%.Validasi produk dilakukan oleh 2 orang validator yaitu 2 orang dosen Pendidikan Kimia Universitas Syiah Kuala. Uji coba siswa terhadap pengembangan media menunjukkan respon sangat baik dengan perolehan persentase respon siswa sebesar 83,3 dan respon guru sebesar 91,07. Aktivitas siswa tergolong sangat aktif dengan rerata persentase sebesar 87,1. Dari deskripsi tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa media chemopoly game layak digunakan dan dapat diimplementasikan dalam proses pembelajaran dengan materi koloid.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK