HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMPN 14 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2012/2013 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMPN 14 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2012/2013


Pengarang

IIN ZIKRA MAULIDA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0806103020048

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Kata kunci: hasil belajar siswa, taraf berhasil belajar pendekatan CTL, kubus dan balok

Kubus dan balok merupakan salah satu materi matematika yang sulit dipahami siswa di kelas VIII SMP Negeri 14 Banda Aceh. Rendahnya pemahaman siswa terhadap materi ini, diduga disebabkan pendekatan pembelajaran yang diberikan. Pendekatan CTL merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah melalui penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) hasil belajar siswa dapat mencapai taraf berhasil pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 14 Banda Aceh? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui taraf keberhasilan hasil belajar siswa melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 14 Banda Aceh. Hipotesisnya adalah melalui penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) hasil belajar siswa dapat mencapai taraf berhasil pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 14 Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah eksperimen siswa, penelitiannya adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP Negeri 14 Banda Aceh, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Banda Aceh sebanyak 24 siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan tes akhir dan respon siswa. Data yang tercantum dalam penelitian ini diperoleh dari hasil jawaban siswa terhadap soal yang diberikan yang berbentuk essay. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan statistik uji-t pada taraf signifikan ?=0,05, dari hasil perhitungan diperoleh t_hitung=2,20 sedangkan t_tabel = 1,71 sehimgga t_hitung>t_tabel yaitu 2,20 > 1,71. Hasil penelitian ini diperoleh Ho ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat mencapai taraf berhasil pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 14 Banda Aceh.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK