PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MATA PELAJARAN IPS EKONOMI MATERI KERJASAMA EKONOMI INTERNASIONAL PADA SISWA KELAS IX-2 DI SMPN 1 CALANG | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    NULL

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MATA PELAJARAN IPS EKONOMI MATERI KERJASAMA EKONOMI INTERNASIONAL PADA SISWA KELAS IX-2 DI SMPN 1 CALANG


Pengarang

SYARIFAH AISYAH - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1106101150003

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Keaktifan dan partisipasi siswa dalam mengikuti pelajaran sangat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Keaktifan dan partisipasi siswa dalam mengikuti pelajaran sangat tergantung pula pada metode dan model pembelajaran yang diterapkan guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Selama ini dari hasil pengamatan peneliti, keaktifan dan partisipasi siswa dalam mengikuti pelajaran ekonomi di SMPN 1 Calang tergolong rendah. Hal ini karena masih banyaknya guru yang hanya menerapkan metode ceramah dalam mengajar. Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw adalah salah satu model pembelajaran yang menekankan siswa untuk terlibat aktif dalam pembelajaran dengan kerja kelompok yang bisa meningkatkan keaktifan dan partisipasi siswa. Berdasarkan uraian di atas penulis tertarik untuk melaksanakan penelitian lebih lanjut dan memilih "Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam mata pelajaran IPS Ekonomi materi kerjasama Ekonomi Internasional pada siswa kelas IX SMPN 1 Calang".sebagai judul penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui prestasi belajar dan keaktifan siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw di kelas IX SMPN l Calang. Pendekatan dalam penulisan ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam empat langkah penting yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi dengan mengambil popu1asi dari seluruh jumlah siswa kelas
IX SMPN l Calang yang berjumlah 25 orang siswa dan dijadikan sampel. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah data dari hasil observasi dan tes analisis data
yang menggunakan kriteria ketuntasan minimum (KKM) dengan nilai rata-rata 70, dan indikator keberhasilan sebesar 75% dari jumlah populasi. Berdasarkan kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang telah ditetapkan, maka diperoleh hasil penelitian pada silklus I dan II sebagai berikut. Hasil analisis tes pada siklus pertama terdapat 9 orang (36%) siswa yang tuntas dan 16 orang (64%) tidak tuntas. Selanjutnya pada hasil analisis tes siklus kedua terdapat 3 orang (12%) yang tidak tuntas dan 22 orang (88%) yang tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw efektif meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi materi kerjasama Ekonomi Intemasional di kelas IX SMPN 1
Calang.








Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK