Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
NULL
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MATA PELAJARAN IPS EKONOMI MATERI KERJASAMA EKONOMI INTERNASIONAL PADA SISWA KELAS IX-2 DI SMPN 1 CALANG
Pengarang
SYARIFAH AISYAH - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1106101150003
Fakultas & Prodi
Fakultas / / PDDIKTI :
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Keaktifan dan partisipasi siswa dalam mengikuti pelajaran sangat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Keaktifan dan partisipasi siswa dalam mengikuti pelajaran sangat tergantung pula pada metode dan model pembelajaran yang diterapkan guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Selama ini dari hasil pengamatan peneliti, keaktifan dan partisipasi siswa dalam mengikuti pelajaran ekonomi di SMPN 1 Calang tergolong rendah. Hal ini karena masih banyaknya guru yang hanya menerapkan metode ceramah dalam mengajar. Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw adalah salah satu model pembelajaran yang menekankan siswa untuk terlibat aktif dalam pembelajaran dengan kerja kelompok yang bisa meningkatkan keaktifan dan partisipasi siswa. Berdasarkan uraian di atas penulis tertarik untuk melaksanakan penelitian lebih lanjut dan memilih "Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam mata pelajaran IPS Ekonomi materi kerjasama Ekonomi Internasional pada siswa kelas IX SMPN 1 Calang".sebagai judul penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui prestasi belajar dan keaktifan siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw di kelas IX SMPN l Calang. Pendekatan dalam penulisan ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam empat langkah penting yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi dengan mengambil popu1asi dari seluruh jumlah siswa kelas
IX SMPN l Calang yang berjumlah 25 orang siswa dan dijadikan sampel. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah data dari hasil observasi dan tes analisis data
yang menggunakan kriteria ketuntasan minimum (KKM) dengan nilai rata-rata 70, dan indikator keberhasilan sebesar 75% dari jumlah populasi. Berdasarkan kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang telah ditetapkan, maka diperoleh hasil penelitian pada silklus I dan II sebagai berikut. Hasil analisis tes pada siklus pertama terdapat 9 orang (36%) siswa yang tuntas dan 16 orang (64%) tidak tuntas. Selanjutnya pada hasil analisis tes siklus kedua terdapat 3 orang (12%) yang tidak tuntas dan 22 orang (88%) yang tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw efektif meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi materi kerjasama Ekonomi Intemasional di kelas IX SMPN 1
Calang.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM PELAJARAN EKONOMI MATERI PENAWARAN PADA SMP NEGERI 2 MEULABOH (Suprapti, 2021)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE
JIGSAW PADA MATERI GAYA UNTUK MENCAPAI
KETUNTASAN BELAJAR SISWA KELAS IV SD
NEGERI 46 BANDA ACEH (Yeni Mayasari, 2013)
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI TINDAKAN EKONOMI DI KELAS RNVII SMP NEGERI 1 PEUKAN PIDIE RNKABUPATEN PIDIE (Ummi Habibah, 2014)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PERILAKU BERKARAKTER SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMPN 2 BANDA ACEH (Renita Yulianda Sari, 2018)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM POKOK BAHASAN UANG DAN LEMBAGA KEUANGAN PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI I KEUMALA KABUPATEN PIDIE (M.Gade, 2013)